Harga Emas Hindarkan Diri Dari Tekanan Jual

JAVAFX – Analisa fundamental di hari Rabu(4/10/2017), harga Emas hindarkan diri dari tekanan jual dan terdapat secercah harapan kuatnya harga emas di perdagangan Rabu ini dengan mulai short-sellingnya dolar AS seiring dengan aksi ambil untung sesaatnya mata uang AS tersebut jelang data ADP payroll dan ISM non-manufaktur nanti malam.

Hampir 2 pekan emas tergerus oleh dolar AS akibat dari berbagai hal khususnya akan naiknya suku bunga the Fed di akhir tahun. 2 pekan pula emas segera menempel di level terendahnya sejak Agustus lalu.

Sejak 2 pekan terakhir ini pula, seperti kita ketahui bahwa pertentangan antara safe haven dengan risk appetite seakan mengemuka di pasar perdagangan keuangan dunia dan kami perkirakan di pekan ini dapat terjadi hingga data nonfarm payroll dirilis di pekan ini. Safe haven berarti mencari investasi yang lebih aman dan imbal hasil lebih rendah, dan risk appetite mengambil investasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi dan lebih beresiko.

Kondisi suku bunga the Fed yang akan naik di akhir tahun ini dan terjadwal 3 kali lagi di tahun depan hingga 2019 nanti, membuat investor masih mengambil aksi risk appetite dengan mengoleksi dolar AS, apalagi akhir-akhir beberapa data ekonomi AS mendukung kenaikan tersebut meskipun AS sempat dirundung bencana alam di awal September lalu dan memberikan sedikit isyarat bahwa akan adanya sedikit penurunan sesaat dari data-data ekonomi AS tersebut.

Sejauh ini pula dolar AS masih punya kemampuan untuk terus menguat mengingat beberapa wilayah di dunia juga tidak dalam situasi yang kondusif, seperti zona euro yang sedang dirundung politik di Jerman, Perancis dan Spanyol. Dan kondisi ekonomi Inggrispun terus menerus dirundung duka sehingga praktis pertanyaan apakah suku bunga Bank of England bisa naik bulan depan, kami melihat peluang tersebut dibawah 40% terjadinya. Inilah yang membuat bursa saham AS juga menguat cukup besar sejak awal pekan ini.

Secara umum dolar AS kurang berhasil menekan emas dimana pengaruh akan munculnya data tenaga kerja AS membuat investor melepas sejenak portfolio investasinya di dolar AS dan menahan penurunan emas lebih besar. Hal tersebut membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup melemah $1,70 atau 0,813 di level $1274,10 pertroy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex ditutup melemah $0,01 atau 0,08% di level $16,66 pertroy ounce.

Pernyataan Janet Yellen pekan lalu masih dapat mendorong dan mempengaruhi investor untuk tetap pegang dolar AS. Kami sendiri masih yakin dengan ketangguhan dolar AS karena data ISM semalam diluar dugaan masih bisa naik dan mencetak angka ekspansif tertinggi sejak 13 tahun lalu. Nanti malam data ADP mungkin akan tidak sebagus periode lalu, namun kami yakin bahwa data ISM non-manufakturnya bisa mengembalikan kejayaan greenback.

Sumber berita: Reuters, MarketWatch, Investing, Bloomberg.
Sumber gambar: Yahoo Finance

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.