Harga Emas Jauhi Lagi Level Psikologis Dipicu Konflik Politik di Jerman

JAVAFX – Berita komoditas di hari Selasa(21/11/2017), harga emas jauhi lagi level psikologis dipicu konflik politik di Jerman pada perdagangan awal pekan lalu dan kali ini harga emas kembali menjauhi dari level psikologisnya di $1300 pertroy ounce, dimana ini disebabkan kacaunya pemerintahan Jerman yang akan dibentuk namun tidak jadi disepakati.

Nuansa safe haven emas kembali menghilang setelah dolar AS mengalami penguatannya kemarin dimana ini semua dipicu setelah Kanselir Angela Merkel mengembalikan mandat pemerintahannya kepada Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier agar segera dilakukan pemilu ulang. Namun Steinmeier mengharapkan kepada Merkel dan beberapa partai koalisi berunding kembali.

Sepertinya sikap keras Merkel terbukti ampuh karena dirinya lebih senang membentuk pemerintahannya sendiri tanpa koalisi namun minoritas, seehingga hal ini membuat dolar AS makin menguat dan membuat emas langsung terkulai.

Hal inilah yang sedikit banyak membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup melemah $19,80 atau 1,53% di level $1276,70 pertroy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex ditutup melemah $0,47 atau 2,72% di level $16,90 pertroy ounce.

Sebetulnya kondisi politik dan ekonomi di AS juga tidak bagus juga dimana ini berkaitan dengan maju mundurnya reformasi pajak. Kamis lalu anggota senat dari partai Republik menyetujui untuk melakukan pengaturan kode pajak yang baru dan segera diserahkan kepada Senat Komite Keuangan untuk segera dievaluasi serta dibuatkan yang sesuai dengan keinginan Trump.

Pasar sepertinya melihat ketidaksiapan reformasi pajak ini dengan dibaca sebaiknya untuk dilakukan pengamanan investasi terlebih dahulu atau safe haven karena pasar melihat bahwa reformasi fiskal baru bisa diselenggarakan secepatnya di 2019 nanti.

Selain itu ada masalah adanya tuntutan pembukaan dokumen kampanye Trump yang diinginkan ketua tim investigasi kecurangan pemilu Robert Mueller membuat pasar merasa kuatir. Pasar menanggapai bahwa tim pemenangan Trump ini mendapatkan bantuan dari pihak Rusia untuk berbuat curang menjatuhkan pihak lawan sehingga warga AS memilih Trump sebagai presiden AS. Faktor ini tentu akan membawa konsekuensi impeachment ke Trump bila memang terbukti berbuat curang.

Sejauh ini pula yang membawa bursa saham Wall Street mengalami penguatannya dimana DowJones spot ditutup naik 0,31%. Hal ini membuat indeks dolar atau Dixie naik 0,11% di angka 94,065. Sepanjang hari ini, data ekonomi penting yang bisa dilihat dan mempengaruhi pergerakan emas adalah RBA minutes, aktivitas industri Jepang, laporan inflasi bulanan Inggris dan penjualan rumah lama AS.

Sumber berita: Reuters, Investing, Bloomberg, MarketWatch, BBC
Sumber gambar: Wall Street Journal

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.