Harga emas melonjak lagi 15,6 dolar, dipicu data lemah pekerjaan AS

Harga emas menguat lagi pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), memperpanjang kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut dan mencatat minggu terbaiknya sejak November lalu, setelah penurunan tak terduga dalam pertumbuhan lapangan pekerjaan AS pada April mempercepat penurunan dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange, terangkat 15,6 dolar AS atau 0,86 persen menjadi ditutup pada 1.831,30 dolar AS per ounce.

Sehari sebelumnya, Kamis (6/5/2021), harga emas berjangka melambung 31,4 dolar AS atau 1,76 persen menjadi 1.815,70 dolar AS per ounce.

Harga emas berjangka juga terkerek 8,3 dolar AS atau 0,47 persen menjadi 1.784,30 dolar AS pada Rabu (5/5/2021), setelah anjlok 15,8 dolar AS atau 0,88 persen menjadi 1.776 dolar AS pada Selasa (4/5/2021), dan melonjak 24,1 dolar AS atau 1,36 persen menjadi 1.791,80 dolar AS pada Senin (3/5/2021).

Dengan “kehilangan penuh pada angka (pekerjaan),” imbal hasil akan tertekan dan dolar juga turun, memungkinkan emas untuk melonjak, kata Phillip Streible, Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures di Chicago.

Tetapi reli emas mungkin berumur pendek karena data pekerjaan bulan depan bisa menunjukkan angka “meledak”, tambah Streible.

Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan pekerjaan besar bulanannya, yang menunjukkan hanya 266.000 pekerjaan baru yang dibuat pada April, jauh lebih buruk dari yang diharapkan, dengan pemberi kerja kemungkinan besar frustrasi oleh kekurangan tenaga kerja saat ekonomi dibuka kembali.

Sedangkan tingkat pengangguran naik menjadi 6,1 persen dari 6,0 persen.

Para ekonom telah memperkirakan sebanyak satu juta pekerjaan baru AS untuk April, menambah kenaikan pada Maret sebesar 916.000.

Itu membuat apa yang dilaporkan Departemen Tenaga Kerja mengecewakan banyak orang.

“Laporan ini setidaknya untuk sementara memberikan sedikit air dingin pada gagasan Federal Reserve (Fed) mungkin dipaksa untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan banyak orang,” kata Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff dalam sebuah catatan.

Dolar memperpanjang penurunan, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS juga turun, menurunkan peluang kerugian memegang emas yang tanpa suku bunga.

Harga emas bisa didorong menuju 1.857 dolar AS, diikuti oleh level resistensi 1.925 dolar AS, Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA, mengatakan dalam sebuah catatan.

Di sisi fisik, permintaan turun di konsumen terbesar kedua India, di tengah pandemi yang memburuk.

“Penguncian di India tidak membantu permintaan fisik,” kata Analis StoneX, Rhona OConnell.

Harga emas naik sekitar 3,6 persen untuk minggu ini.

Harga logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli tidak berubah.

Platinum untuk pengiriman Juli turun 3,1 dolar AS atau 0,25 persen menjadi ditutup pada 1.254,5 dolar AS per ounce.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Investor Manfaatkan Anjloknya Harga Emas Dengan Beli Kembali

JAVAFX - Harga emas yang turun tajam paska berakhirnya pertemuan berkala Federal Reserve telah membuka minat beli. Nada pernyataan para pejabat tinggi Fed yang...

Presiden Biden Resmikan Juneteenth Jadi Hari Libur Nasional

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Kamis (17/6), menandatangani undang-undang yang memberlakukan satu hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat. Juneteenth National...

Gedung Putih pertimbangkan pembicaraan Joe Biden dan Xi Jinping

Gedung Putih akan mempertimbangkan pembicaraan antara Presiden Joe Biden dan mitranya dari China, Xi Jinping, saat kedua negara itu berselisih soal berbagai isu termasuk...

Biden teken UU tentang libur 19 Juni, atasi ketakadilan historis AS

Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris menandatangani undang-undang pada Kamis (17/6) untuk menjadikan 19 Juni sebagai hari libur federal untuk memperingati...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502