Harga Emas Menuju Penguatannya Jelang Yellen Berbicara dan data ADP

JAVAFX – Berita komoditas di hari Rabu(4/10/2017), harga emas menuju penguatannya jelang Yellen berbicara dan data ADP pada perdagangan sore hari ini dimana sisi kokohnya dolar AS lambat laun mulai terkikis seiring dengan makin dekatnya data NFP di akhir pekan ini.

Pimpinan bank sentral AS, Janet Yellen dijadwalkan akan berbicara dalam suatu forum perbankan AS dini hari nanti, dan seringkali ucapannya membuat pasar emas bergerak bergairah. Pernyataan Janet Yellen pekan lalu membuat pasar gundah gulana karena tidak bijak jika the Fed menahan suku bunganya di level yang rendah. Secara otomatis bagi emas jika mendengar kata kenaikan suku bunga the Fed maka reaksi emas langsung negatif alias melemah. Dan nampaknya episode ini kembali mempertanyakan apalah Janet Yellen akan berbicara kenaikan suku bunga atau tidak.

Sinyalemen ucapan Yellen dikombinasikan dengan data ADP payroll dan ISM non-manufaktur AS serta jelang pembahasan tax reform alias reformasi pajak, merupakan gabungan yang masih memberikan gambaran emas harus tertekan. Selain itu pelemahan emas terjadi jelang rilisnya data nonfarm payroll pekan ini, dengan perkiraan akan memburuk dikala sebagian kawasan di Selatan AS terdampak badai Harvey dan badai Irma di awal September lalu.

Namun investor percaya bahwa kondisi badai tersebut hanya sesaat saja, sehingga jejak-jejak kenaikan suku bunga the Fed memang sulit dihapuskan di waktu sekarang ini, kecuali data-data yang hari ini rilis jauh dibawah target atau kehendak pasar, maka ada peluang di hari ini emas bisa muncul sisi beli yang masif.

Faktor inilah yang membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex untuk sementara bergerak menguat $4,20 atau 0,33% di level $1278,80 pertroy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex untuk sementara bergerak menguat $0,14 atau 0,84% di level $16,79 pertroy ounce.

Investor sejauh ini pula, melihat pergerakan harga emas sendiri masih di level terendahnya di dua bulan lalu dan nampaknya pula masih enggan kembali keatas level psikologisnya di $1300 pertroy ounce. Keengganan pasar emas untuk membaik karena potensi kenaikan suku bunga the Fed di minggu meningkat tajam, dari pasca Fed meeting sekitar 60%, meningkat menjadi 72% setelah Yellen berbicara, dan akhir pekan kemarin meningkat kembali sekitar 80% dan sekarang turun lagi menjadi 75%.

Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, BBC
Sumber gambar: Financial Times

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.