Harga Emas Rebound, Aksi Beli Di India Tertahan Pembatasan Corona

JAVAFX – Permintaan emas fisik di India terhenti dalam minggu ini setelah harga emas di pasar lokal pulih dari palung satu tahun. Disisi lain, pembatasan yang diberlakukan untuk menahan penyebaran virus Corona, sementara pembeli di hub utama Asia lainnya juga tertahan oleh kenaikan harga emas itu sendiri.

 “Minggu ini harga emas naik di pasar internasional dan rupee juga turun. Hal itu menyebabkan lonjakan besar pada harga lokal, yang sulit dicerna konsumen, ”kata Mukesh Kothari, direktur dealer emas batangan Mumbai RiddiSiddhi Bullions kepada Reuters. Pada hari Jumat, harga emas di bursa berjangka lokal diperdagangkan pada sekitar 46.600 rupee ($ 623,99) per 10 gram setelah jatuh ke 43.320 rupee pekan lalu, level terendah sejak April 2020.

Dealer mengenakan premi hingga $ 3 per ons di atas harga domestik resmi, termasuk 10,75% impor dan 3% pungutan penjualan, turun dari $ 4 minggu lalu.

Penjual perhiasan membatasi pembelian karena pemerintah negara bagian mulai memberlakukan pembatasan untuk menahan penyebaran COVID-19, kata seorang dealer yang berbasis di Mumbai dengan bank pengimpor emas batangan.

Negara bagian terkaya di India, Maharashtra, memberlakukan pembatasan COVID-19 yang ketat mulai Senin, setelah infeksi meningkat pesat.

Disisi lain, impor emas India pada Maret melonjak 471% dari tahun sebelumnya ke rekor 160 ton, karena pengurangan pajak impor dan koreksi harga dari rekor tertinggi menarik pembeli eceran dan perhiasan.

Di Singapura, premi sebesar $ 1,5- $ 2 per ounce dibebankan melebihi patokan harga emas spot, dibandingkan dengan premi $ 1- $ 2 per ounce minggu lalu.

“Permintaan agak diredam karena harga emas yang lebih tinggi, dibandingkan minggu lalu ketika harga lebih rendah dan investor yang ingin mengambil posisi telah mengambilnya,” kata Brian Lan, direktur pelaksana di dealer GoldSilver Central.

Para konsumen di China juga dikenakan premi sebesar $ 7- $ 10 per ounce, sementara di Hong Kong, premi sebesar $ 0,50- $ 1,80 per ounce dikenakan, keduanya tidak berubah dari minggu lalu.

Di Jepang sendiri, harga emas dijual dengan harga premium $ 0,50- $ 1 per ons di atas harga patokan.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Ketua DPR Optimistis dengan RUU Infrastruktur Biden

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, Rabu (12/5), memuji pertemuan antara para pejabat Gedung Putih dan para wali kota dari Los Angeles, Kansas...

Biden Teken Perintah Eksekutif Keamanan Siber Pasca Peretasan Colonial Pipeline

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif, Rabu (2/5), terkait peningkatan kemampuan keamanan siber federal, termasuk standar keamanan digital di seluruh sektor...

Saat Pasar Fokus Pada Inflasi, Dolar AS Tertahan Retorika Fed

Dolar AS tidak dapat berbuat banyak, dan harus ikhas tertahan tidak jauh dari level terendah tahun ini atas masih setianya para pelaku pasar terhadap Federal Reserve yang akan tetap teguh pada pengaturan kebijakan yang kendur menjelang data inflasi tahunan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan tajam.

Sterling Akhirnya Mampu Menembus Level Resistance Penting

Sterling menembus level kunci $1,40 untuk pertama kalinya di lebih dari dua bulan terakhir pada hari Senin. Pound bergerak hingga ke level $1,40725 pada awal perdagangan London, meskipun partai-partai pro-kemerdekaan menang dalam pemilihan Skotlandia.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502