Harga Emas Sepertinya Akan Memudar

JAVAFX – Analisa fundamental di hari Selasa(23/1/2018), harga emas sepertinya akan memudar di saat layanan pemerintahan AS buka kembali pada perdagangan hari ini dengan sentimen negatif yang akan muncul dari sifat penutupan tersebut yang membuat dolar AS menguat sekaligus investor mencari jalan investasi yang lebih berisiko kembali.

Seperti kita ketahui bahwa di perdagangan awal pekan kemarin, kondisi greenback mengalami tekanan dari emas, sehingga hal ini mengakibatkan harga emas kontrak Februari di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup menguat $0,70 atau 0,05% di level $1333,80 per troy ounce.

Sisi Beige Book dan beberapa data ekonomi AS yang bagus, seakan luluh lantak bersama dengan tutupnya pemerintahan AS untuk sementara waktu dan mengulangi sejarah yang sama di 2013 lampau. Memang kala itu tidak membuat efek negatif yang besar ke kondisi ekonomi AS, namun penutupan yang kali ini terjadi mempunyai efek yang bisa lebih besar daripada 2013 tersebut, bila berlangsung lama.

Hal ini tentu cerita bagus bagi kinerja emas saat itu, namun sepertinya segera berakhir setelah tadi pagi Presiden Trump dengan pimpinan Senat dari partai Demokrat Chuck Schumer telah mendapatkan kata sepakat, maka kinerja mata uang AS ini akan membuat perhitungan ulang dengan emas.

Segala bentuk data-data ekonomi AS yang akan muncul atau di rilis, tentu akan kembali dilihat oleh investor dunia lagi, karena dampak yang akan terjadi dari shutdown tersebut tentu tidak jadi melumpuhkan sendi-sendi ekonomi AS itu sendiri di masa yang akan datang. Bayangan terhadap kinerja ekonomi AS di masa depan kembali terang-benderang sehingga investor tentu menghindari jalan aman karena masalah di AS ini akan berakhir di saat makan siang waktu AS.

Agenda ekonomi kali ini akan melihat bagaimana keputusan moneter dari bank sentral Jepang, BoJ, apakah jadi untuk mengurangi paket stimulus ¥80 trilyun ataukah tidak jadi. Beberapa pihak khususnya dari pihak pemerintah Jepang menginginkan Kuroda menunda pengurangan paket stimulus tersebut hingga inflasi 2% tercapai.

Namun sebagian pihak juga melihat bahwa beberapa bank sentral dunia lain sedang mengejar suku bunga yang tertinggal kenaikannya dari the Fed. Normalisasi kebijakan moneter sedang menjadi bahan utama tujuan kerja dari bank-bank sentral tersebut, sehingga kalau kita lihat bahwa emas tentu akan terbatas kenaikannya juga karena investor akan melihat portfolio yang ringan biaya simpannya dan menghasilkan capital gain yang lebih besar di kala ada kenaikan suku bunga.

Selain itu, World Economic Forum di Davos akan mulai hari ini hingga akhir pekan, diharapkan bahwa Presiden Trump bisa hadir karena investor memang menunggu kehadiran presiden kontroversial tersebut. Harapannya juga bahwa kegaduhan seperti NAFTA dan TPP bisa diselesaikan dengan cepat sehingga pasar berjalan dengan normal.

Sumber berita: Reuters, MarketWatch, Investing, Bloomberg
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.