Harga Emas Sepertinya Ingin Menguat Kembali

0
883

JAVAFX – Analisa fundamental di hari Senin(4/12/2017), harga emas sepertinya ingin menguat kembali pada perdagangan awal pekan ini sehingga kami melihat bahwa emas kemungkinan besar masih akan berusaha mendekati kembali level psikologis emas di $1300 pertroy ounce dengan pengaruh kuat antara reformasi pajak ataukah kasus Flynn.

Seperti kita ketahui bahwa pasar diakhir pekan lalu pergerakan greenback sedikit gagal bergerak menekan emas, sehingga hal ini mengakibatkan harga emas kontrak Februari di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup menguat $5,60 atau 0,44% di level $1282,30 pertroy ounce. Selama seminggu lalu, harga emas alami penurunan sebesar 0,7%.

Tren pergerakan emas cenderung negatif memang dimana benang kusut reformasi pajak sudah mendapatkan titik terang setelah akhir pekan lalu parlemen AS sudah sepakat bahwa kebijakan bantuan fiskal memang akan segera dilaksanakan mulai awal 2019. Ini memang fenomenal bagi pemerintahan administrasi Trump yang untuk pertamakalinua berhasil meloloskan rancangan undang-undangnya setelah sebelumnya gagal meloloskan penggantian ObamaCare.

Memang pajak baru tersebut akan membawa hikmah yang cukup besar bagi laju pertumbuhan ekonomi AS yang dipercaya bisa meningkatkan sekitar 0,5% laju PDB pertahunnya, dan ini memang sangat diharapkan oleh the Fed dalam usahanya menormalkan kembali tingkat suku bunganya. Kisaran normal suku bunga the Fed untuk sementara di kisaran 2,5% hingga 3%.

Mendengar kenaikan suku bunga the Fed tentu menjadi berkah bagi greenback dan tuntunan jual bagi emas. Faktor suku bunga the Fed memang masih menjadi titik perhatian bagi masa depan emas dalam usahanya mnormalisasi atau memulihkan ekonomi AS dimana selalu terjadi tarik-ulur kepentingan dengan berapa kali lagi bank sentral AS tersebut menaikkan suku bunganya. Bahkan para pejabat the Fed seringkali memberikan komentar yang saling berbenturan sehingga Yellen sendiri turun tangan dan berucap bahwa yang benar tentang program kerja the Fed ada di Fed minutes.

Yellen sendiri berusaha menyakinkan parlemen AS bahwa the Fed mempunyai tugas menjaga produktivitas masyarakat AS sehingga usaha kenaikan suku bunganya jangan dihalang-halangi demi menjaga sektor tenaga kerja AS yang makin mengetat dan usaha meningkatkan inflasinya. Kami yakin bahwa progres emas hari ini masih bisa positif, namun pasar harus tetap waspada terhadap gejolak yang akan ditimbulkan oleh sisi politik Trump yang terus berusaha menyangkal keterlibatan Rusia dalam membantu pemenangan kampanye kepresidenannya di tahun lalu.

Memang reformasi pajak merupakan kado istimewa Trump jelang akhir tahun ini, namun kasus Michael Flynn juga merupakan kado buruk baginya di pekan ini. Bila Trump tidak hati-hati dalam berucap dan bertindak, maka niscaya diapun akan dilengserkan juga oleh parlemen, dan ini bisa membawa sisi safe haven akan muncul.

Sumber berita: Reuters, MarketWatch, Investing, Bloomberg
Sumber gambar: Bloomberg