Harga Emas Stabil Di Posisi Tinggi, Nantikan Dorongan Lebih Lanjut

JAVAFX – Harga emas naik mendekati level tertinggi dalam empat minggu terakhir pada perdagangan di hari Senin (30/08/2021) setelah Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell berhenti memberikan panduan yang jelas tentang batas waktu pengurangan stimulus dan mendorong harapan bahwa suku bunga dapat tetap lebih rendah lebih lama.

Harga emas di pasar spot stabil di $1,814,86 per ounce, pada 10:12 WIB, setelah mencapai posisi tertinggi sejak 4 Agustus di $1,820,50 di awal sesi. Sementara dalam perdagangan di bursa berjangka AS, harga emas turun tipis 0,1% menjadi $1.817.

Pasar nampak mulai menyesuaikan kembali ekspektasi kenaikan suku bunga AS setelah pidato Powell pada hari Jumat, yang memberikan lampu hijau bagi emas untuk bergerak lebih tinggi.

Dalam pidato virtual di konferensi ekonomi Jackson Hole, Powell tidak memberikan sinyal tentang kapan bank sentral berencana untuk memotong pembelian asetnya selain mengatakan itu bisa “tahun ini” dan mengindikasikan akan tetap berhati-hati dalam setiap keputusan akhirnya untuk menaikkan suku bunga.

Suku bunga AS yang lebih rendah memberi tekanan pada dolar dan imbal hasil obligasi, meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Sikap dovish Powell mendorong indeks dolar ke level terendah dua minggu terhadap para pesaingnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Fokus investor sekarang bergeser ke data nonfarm payroll AS untuk Agustus yang akan dirilis pada hari Jumat ini, karena Powell telah menyarankan peningkatan di pasar tenaga kerja adalah salah satu prasyarat utama yang tersisa untuk pengurangan.

Meskipun sentimen telah terangkat setelah Jackson Hole, emas perlu menembus kembali harga $1.839 yang tidak menyenangkan sebelum pembelian lebih lanjut akan muncul. Sementara itu, para spekulan menaikkan posisi beli bersih mereka di emas dalam sepekan yang berakhir 24 Agustus, data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS menunjukkan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.