Harga Emas Terhambat oleh Kenaikan Yield Treasury dan Dolar

Harga Emas turun pada Jumat di Asia, melepaskan beberapa kenaikan sebelumnya dan menuju penurunan mingguan dan bulanan kedua berturut-turut. Penurunan ini imbas meningkatnya harapan pemulihan ekonomi global dari COVID-19 dan kekhawatiran inflasi hantarkan imbal hasil obligasi AS melonjak.

Emas berjangka turun 0,35% menjadi $1.769,25, dengan logam kuning tersebut sebelumnya turun ke level terendah sejak 19 Februari. Harga emas sejauh ini turun 0,6% untuk minggu ini dan 0,4% untuk bulan ini. Emas turun 1,9% semalam karena yield Treasury AS melonjak ke level tertinggi sejak awal pandemi dan memberi dolar dorongan. Dolar, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan emas, naik tipis pada hari Jumat.

SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang berbasis emas terbesar di dunia, juga mencerminkan sentimen investor. SPDR turun 0,6% pada hari Kamis ke level terendah sejak Mei 2020.

Di sisi bank sentral, komentar The Federal yang tidak peduli dengan kenaikan imbal hasil obligasi telah menambah kesengsaraan emas, kata Phillip Futures dalam sebuah catatan. Level $1.760 terus menjadi level support utama untuk emas, catatan itu menambahkan.

Perak turun 0,2% namun bersiap menuju kenaikan bulanan ketiga berturut-turut. Sementara itu, paladium naik 0,8% dan tampaknya akan mencatatkan bulan terbaiknya dalam setahun ini dengan kenaikan lebih dari 8%. Platinum juga naik 0,6% dan menjadi bulan terbaiknya sejak Februari 2008, dengan kenaikan lebih dari 14%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Menkes Belanda: Peluncuran vaksin COVID Johnson & Johnson belum pasti

Menteri Kesehatan Belanda, Selasa (13/4,) mengaku belum mengetahui apakah negara itu akan mulai meluncurkan vaksinasi vaksin COVID-19 Johnson & Johnson pekan ini sesuai rencana,...

Presiden Biden akan Berpidato di Kongres pada 28 April

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres pada 28 April. Pidato itu akan disampaikan sewaktu Biden mencapai 100 hari menjabat,...

Tertekan Yield Obligasi AS,Emas Diperdagangkan Dalam Kisaran Harga $1730-60

JAVAFX - Mengawali perdagangan minggu ini, pada hari Senin (12/04/2021) harga emas berakhir turun di bursa perdagangan berjangka AS. Harga jatuh akibat kenaikan imbal...

Harga Emas Dibawah Tekanan Jelang AS Rilis Data

JAVAFX - Pasar saham turun dari level tertingginya karena ketegangan meningkat menuju rilis angka inflasi AS, yang mungkin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data China...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502