Harga minyak beragam di Asia, di tengah harapan permintaan China pulih

Harga minyak mentah beragam di perdagangan Asia pada Selasa sore, di tengah harapan pemulihan permintaan bahan bakar dari importir utama China, meskipun kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi AS membatasi kenaikan.

Harga minyak mentah berjangka Brent melemah 7 sen menjadi diperdagangkan di 88,12 dolar AS per barel pada pukul 07.15 GMT, setelah naik ke tertinggi sesi 88,36 dolar AS.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS menguat 5 sen menjadi diperdagangkan di 81,67 dolar AS per barel, setelah naik ke 81,88 dolar AS di awal sesi.

Komoditas seperti minyak mentah, produk minyak sulingan, LNG, dan kedelai akan diuntungkan dari rebound permintaan China, kata analis di Goldman Sachs.

Harga minyak mentah di pasar fisik telah memulai tahun ini dengan reli, karena China, yang tidak lagi tertahan oleh kontrol pandemi, telah menunjukkan tanda-tanda pembelian lebih banyak dan ketika para pedagang khawatir sanksi terhadap Rusia dapat memperketat pasokan.

“Selain itu, greenback yang melayang di sekitar level terendah multi-bulan menopang harga minyak,” kata Pakar Pasar Minyak Independen Sugandha Sachdeva.

Dolar melayang di dekat level terendah sembilan bulan terhadap euro dan mengembalikan keuntungan baru-baru ini terhadap yen, karena para pedagang terus mengukur risiko resesi AS dan jalur kebijakan Federal Reserve (Fed).Greenback yang lebih lemah membuat komoditas berdenominasi dolar, termasuk minyak, lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Di Amerika Serikat, “perekonomian masih bisa berputar dan beberapa pedagang energi masih skeptis tentang seberapa cepat permintaan minyak mentah China akan bangkit kembali pada kuartal ini,” kata Analis OANDA, Edward Moya dalam sebuah catatan.

Permintaan produk telah mengangkat pasar minyak dan margin penyulingan.

Crack spread (selisih harga bahan baku dan barang jadi) 3-2-1, proksi untuk margin penyulingan, naik menjadi 42,18 dolar AS per barel pada Senin (23/1/2023), tertinggi sejak Oktober.

Investor telah menumpuk kembali ke minyak berjangka dan opsi pada tingkat tercepat selama lebih dari dua tahun karena kekhawatiran tentang penurunan siklus bisnis global telah mereda, meskipun data PMI yang akan dirilis pada Selasa diperkirakan akan menunjukkan kontraksi.

Pekan ini para pedagang mengamati lebih banyak data bisnis yang dapat mengindikasikan kesehatan ekonomi global selama musim pelaporan laba perusahaan.

Di sisi persediaan, stok minyak mentah dan bensin AS diperkirakan meningkat minggu lalu, sementara stok sulingan diperkirakan lebih rendah, jajak pendapat awal Reuters menunjukkan pada Senin (23/1/2023).

Jajak pendapat dilakukan sebelum laporan dari American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri, yang dijadwalkan pada Selasa pukul 16.30 waktu setempat (21.30 GMT) , dan Badan Informasi Energi, bagian statistik dari Departemen Energi AS, dijadwalkan pada Rabu (25/1/2023) pukul 10.30 waktu setempat (15.30 GMT).

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.