Harga Minyak Berbalik Arah, Koreksi Teknis Jangka Pendek

JAVAFX – Harga minyak berbalik arah pada hari Selasa (19/10/2021), memangkas keuntungan dari hari sebelumnya. Ini merupakan koreksi teknis, sebagai kemunduran jangka pendek dari posisi tertinggi multi-tahun karena krisis energi global masih berlanjut. Pada 22:50 WIB pada hari Selasa, Minyak Mentah WTI diperdagangkan turun 0,04% pada $82,46 dan Minyak Mentah Brent turun 0,09% pada $84,34.

Harga minyak bertahan dekat dengan tertinggi multi-tahun yang dicapai pada Senin pagi, ketika WTI Crude mencapai level tertinggi sejak Oktober 2014 di $83,73 dan patokan internasional sempat melonjak di atas $86 per barel pada $86,04, yang merupakan harga tertinggi sejak Oktober 2018.

Minyak melemah pada hari Senin dan pelemahan ini berlanjut hingga Selasa. Penurunan produksi industri AS pada bulan September tidak akan membantu sentimen, bersama dengan angka PDB yang lebih lemah dari China. Pada hari Senin, data bearish China membatasi kenaikan harga—China mencatat pada bulan September throughput kilang harian terendah dalam 16 bulan di tengah krisis listrik dan kekurangan bahan baku, serta pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari perkiraan pada kuartal ketiga.

Di AS, data pada Senin malam menunjukkan bahwa output manufaktur turun 0,7 persen pada September, penurunan terbesar sejak Februari, “karena kekurangan semikonduktor terus membuat operasi berjalan pincang,” kata The Fed.

Data ekonomi AS terkini yang mengecewakan pada produksi industri menawarkan beberapa kekhawatiran tentang skala pemulihan permintaan global, topik penting di pasar minyak saat ini. Selasa pagi, kami melihat pasar bergerak sedikit ke samping.

Kekhawatiran tentang perlambatan permintaan di tengah harga bahan bakar yang tinggi mungkin juga kembali. “Maaf, teman-teman, tetapi biaya bensin masih naik,” kata AAA pada hari Senin, mencatat bahwa harga minyak mentah yang lebih tinggi terus mendorong harga bensin lebih tinggi. “Dan sayangnya, sepertinya pengemudi tidak akan menemukan kelegaan di pompa dalam waktu dekat,” kata juru bicara AAA Andrew Gross.

Kehilangan kepercayaan sesaat di pasar minyak tidak mengejutkan tetapi kemungkinan akan singkat. Namun, retracement ini seharusnya sama seperti yang sebelumnya – singkat. Bagaimanapun, penembusan di atas $80/bbl dipicu oleh pertimbangan penawaran dan permintaan dan gambaran yang mendasarinya tidak berubah.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.