Harga minyak jatuh, namun saham Asia menguat di tengah khawatir resesi

Harga minyak merosot mendekati level terendah sejak dimulainya perang di Ukraina di tengah kekhawatiran resesi global pada Jumat pagi, namun demikian pasar saham Asia mengabaikan kekhawatiran tersebut, naik menjelang data pekerjaan AS yang akan memberikan petunjuk lain untuk kesehatan ekonomi terbesar di dunia itu.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik sedikit pada 94,23 dolar AS per barel dan minyak mentah berjangka AS juga sedikit lebih tinggi pada 88,70 dolar AS per barel, setelah keduanya menutup sesi sebelumnya di level terendah sejak Februari.

Kerugian sebagian karena data pada Rabu (3/8/2022) menunjukkan lonjakan persediaan AS minggu lalu.

“Ini adalah kombinasi dari data persediaan dan sedikit kekhawatiran tentang permintaan.

Karena pasar lebih mengkhawatirkan pertumbuhan daripada inflasi – meskipun inflasi masih menjadi masalah utama – harga minyak telah turun,” kata Kepala Investasi untuk Asia BNP Paribas Wealth Management, Prashant Bhayani.

Dalam tanda peringatan lain untuk ekonomi global, bagian yang diawasi ketat dari kurva imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mengukur kesenjangan antara imbal hasil pada obligasi pemerintah dua tahun dan 10-tahun mencapai 39,2 basis poin semalam, inversi terdalam sejak tahun 2000.

Kurva terbalik sering dipandang sebagai pertanda resesi.

Pada Jumat pagi, imbal hasil 10-tahun adalah 2,6865 persen dan imbal hasil dua tahun 3,0509 persen, meninggalkan kesenjangan di antara keduanya pada 36,6 basis poin yang masih besar.

“Pasar obligasi mengatakan ada peluang resesi yang cukup tinggi, sementara pasar ekuitas fokus pada data tenaga kerja,” kata Bhayani.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang menguat 0,74 persen, dibantu oleh kenaikan dari indeks kelas berat TSMC, yang terangkat 1,8 persen, mendapatkan kembali kekuatan yang telah hilang di awal minggu karena kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Indeks Nikkei Jepang naik 0,43 persen.

Data ketenagakerjaan AS, yang akan dirilis hari ini, diperkirakan menunjukkan data penggajian non-pertanian (nonfarm payrolls) meningkat 250.000 pekerjaan bulan lalu, setelah naik 372.000 pekerjaan pada Juni.

“Kami sedang menunggu untuk melihat perlambatan di pasar tenaga kerja, jadi jika kami kehilangan besar, itu akhirnya akan mengkonfirmasi bahwa pasar tenaga kerja melambat, dan kami akan melihat beberapa reli lagi di obligasi pemerintah AS.

Jika itu kalah, orang akan berkata, oh well, akhirnya akan meleset,” kata Bhayani.

Di pasar mata uang, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 105,86, setelah jatuh 0,6 persen semalam di samping penurunan imbal hasil AS.

Sterling turun sedikit di 1,2142 dolar setelah berputar semalam karena bank sentral Inggris menaikkan suku bunga dan memperingatkan resesi panjang mendekati Inggris.

Harga emas di pasar spot diperdagangkan stabil di 1.790 dolar AS per ounce.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.