Harga minyak rebound, dipicu optimisme perubahan protokol COVID China

Harga minyak rebound di perdagangan Asia pada Kamis sore, di tengah optimisme atas pelonggaran langkah-langkah anti-COVID China, memulihkan kerugian setelah merosot ke level terendah sepanjang tahun ini di sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent terangkat 1,0 dolar AS atau 1,3 persen, menjadi diperdagangkan di 78,17 dolar AS per barel pada pukul 07.50 GMT.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik 1,0 dolar AS atau 1,4 persen, menjadi diperdagangkan di 73,01 dolar AS per barel.

China pada Rabu (7/12/2022) mengumumkan perubahan paling besar pada rezim anti-COVID yang tegas sejak pandemi dimulai, melonggarkan aturan yang menahan penyebaran virus, tetapi memicu protes dan membuat ekonomi terbesar kedua di dunia tertatih-tatih.

Namun pejabat kesehatan masih memperingatkan bahwa mereka akan mengamati dengan cermat tren kematian dan kecukupan sumber daya medis jika diperlukan tindakan yang lebih keras.

Brent pada Rabu (7/12/2022) menetap di bawah penutupan terendah tahun sebelumnya yang disentuh pada hari pertama tahun 2022, sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun ke level terendah tahun ini.

Kekhawatiran perlambatan ekonomi yang melemahkan permintaan bahan bakar terus membatasi kenaikan.

“Ini bisa menjadi upaya untuk menstabilkan harga setelah aksi jual tajam baru-baru ini, tetapi lingkungan yang berhati-hati secara keseluruhan masih bisa dilakukan,” kata Ahli Strategi Pasar IG, Jun Rong Yeap, kepada Reuters, Kamis.

Dia menambahkan bahwa kekhawatiran tentang permintaan akan tetap menjadi penyebab utama harga minyak melemah.

Sementara stok minyak mentah AS turun minggu lalu, persediaan bensin dan sulingan melonjak, menambah kekhawatiran tentang berkurangnya permintaan.

Stok bensin AS naik 5,3 juta barel dalam seminggu menjadi 219,1 juta barel, dan stok sulingan, termasuk solar dan minyak pemanas, membengkak 6,2 juta barel, Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan pada Rabu (7/12/2022).

Produksi minyak mentah AS juga cenderung lebih tinggi, naik menjadi 12,2 juta barel per hari pekan lalu, level tertinggi sejak Agustus, kata EIA.

Sementara itu pejabat Barat sedang dalam pembicaraan dengan mitra Turki untuk menyelesaikan antrean kapal tanker minyak dari Turki, kata seorang pejabat Departemen Keuangan Inggris, setelah G7 dan Uni Eropa meluncurkan pembatasan baru pada 5 Desember yang ditujukan untuk ekspor minyak Rusia.

Setidaknya 20 kapal tanker minyak terus menghadapi penundaan untuk menyeberang dari pelabuhan Laut Hitam Rusia ke Mediterania karena operator berlomba untuk mematuhi aturan Turki.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.