Harga Minyak Turun Oleh 2 Hal, Corona dan Diskon Arab Saudi

JAVAFX – Harga minyak jatuh pada perdagangan di hari Selasa (08/09/2020) ke penyelesaian terendah sejak Juni, dimana pasar tidak dapat menghilangkan kekhawatiran tentang permintaan minyak mentah dimasa depan yang akan tergerus karena meningkatnya kasus virus korona secara global. Sentimen lain adalah berakhirnya musim mengemudi di liburan musim panas AS dan laporan bahwa Arab Saudi berencana untuk menurunkan harga minyaknya untuk pengiriman bulan Oktober.

Minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober turun $ 3,01, atau 7,6% menjadi $ 36,76 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman bulan November turun $ 2,23, atau 5,3%, pada $ 39,78 per barel di ICE Futures Europe, setelah penurunan 1,5% pada hari Senin, ketika pasar AS ditutup Hari Buruh.

Kedua patokan harga minyak mentah menandai penyelesaian kontrak bulan depan terendah sejak Juni, menurut Data Pasar Dow Jones. Selisih antara tolok ukur WTI dan Brent, sementara itu, terluas sejak 20 Agustus.

Minyak mentah Brent tertekan dalam perdagangan di hari Senin setelah Arab Saudi menurunkan harga jual resminya untuk pembeli Asia. Ini menjadi isyarat bahwa ada pelemahan permintaan setidaknya dari kawasan Asia. Harga tersebut diperkirakan akan dipotong untuk minyak mentah yang terikat Asia sebesar $ 1 menjadi $ 2 per barel, demikian ungkap sumber pasar kepada S&P Global Platts pada minggu terakhir bulan Agustus.

Perhatian utama untuk pelaku pasar tetap pada permintaan, dimana dikabarkan China telah mengisi tangki-tangki kembali di bulan-bulan sebelumnya, namun pembelian baru China yang cukup besar tampaknya tidak ada saat ini. Ada penurunan besar dalam impor minyak China.

Volume impor minyak mentah China sebagaimana tercatat bea cukai di bulan Agustus rata-rata 11,23 juta barel per hari, turun dari 12,13 juta barel pada Juli dan jauh di bawah rekor 12,99 juta barel yang terlihat pada Juni, katanya, mencatat bahwa selama setahun lebih. basis -tahun, impor tetap naik 13%.

Penurunan harga minyak juga terjadi saat musim mengemudi AS, yaitu periode antara liburan Hari Memorial Day hingga berakhir di hari Buruh, menunjukkan angka yang melemah secara musiman dalam permintaan bensin.

Terlepas dari berita utama tentang pemotongan harga minyak Saudi dan kekhawatiran permintaan yang lebih rendah karena pandemi, pasar dianggap sudah lebih baik dari kondisi negative yang terjadi pada beberapa bulan lalu. Dengan demikian, jika pembukaan aktifitas ekonomi paska penguncian dimasa pandemic Corona, akan menciptakan harapan kembalinya aktifitas bisnis dan mendorong permintaan naik ke tingkat yang diharapkan sebagaimana kondisi sebelum wabah ini menimpa.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Emas Terkoreksi, Komitmen Kenaikan Siap Diuji

JAVAFX - Harga emas turun pada hari Rabu (07/04/2021) sehari setelah mencapai puncak lebih dari satu minggu, sebagai data ekonomi yang kuat dari Amerika...

Rencana Stimulus Tambahan VS NFP AS Pengaruhi Pergerakan Dolar AS

Hari Jumat lalu, Amerika telah merilis data NFP (Non-Farm Employment) yang di rilis membaik dan naik cukup signifikan dari 468.000 ke 916.000 dan data...

Biden: Semua Orang Dewasa AS yang Memenuhi Syarat Mendapat Vaksinasi Mulai 19 April

Presiden Joe Biden, Selasa (6/4) mengumumkan bahwa setiap orang dewasa di AS mulai 19 April akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi virus corona, sekitar...

Makin Banyak Warga AS yang Divaksinasi, Biden Tingkatkan Bantuan Luar Negeri

Ketika AS semakin mendekati tujuannya untuk memvaksinasi 200 juta warga Amerika pada akhir April 2021, pemerintahan Biden mengambil langkah untuk membantu berbagai negara lain...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502