IHSG diprediksi menguat terbatas, pasar pantau pergerakan harga CPO

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari Rabu diprediksi menguat terbatas di tengah pergerakan harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

IHSG dibuka menguat 6,43 poin atau 0,09 persen ke posisi 6.664,374.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 5,77 poin atau 0,6 persen ke posisi 959,144.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak menguat terbatas dan diperdagangkan pada rentang 6.582-6.687,” ungkap Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus dalam hasil kajiannya di Jakarta, Rabu.

Menurut Maximilianus, pergerakan harga CPO dunia menarik perhatian bagi para pemangku kepentingan terkait prospek komoditas tersebut.

“Jika mengacu pada data historis, kenaikan dari harga CPO telah mencapai 13,18 persen (year-on-year/yoy) dan 38,14 persen (year-to-date/ytd),” ujarnya.

Penguatan dari permintaan pasar domestik, kata dia, menjadi tantangan di mana pelaku pasar saat ini mencermati wacana pemerintah untuk melarang ekspor CPO mentah guna menjaga kualitas ekspor dan juga pemenuhan kebutuhan untuk dalam negeri.

Di satu sisi pelaku pasar mencermati infrastruktur hulu yang dinilai belum cukup besar untuk menopang dampak dari pelarangan ekspor tersebut.

Pada perdagangan Selasa (27/10/2021) Maximilianus menyebutkan sektor peralatan kesehatan, energi, perindustrian, transportasi, logistik, keuangan, consumer non cyclicals, serta properti dan real estate bergerak positif dan mendominasi kenaikan IHSG Adapun investor asing di seluruh pasar membukukan pembelian bersih sebesar Rp773 miliar pada perdagangan kemarin.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.