Investor Berburu Harga Murah, Emas Rebound

JAVAFX – Harga emas di bursa berjangka dibuka cukup tinggi di awal perdagangan sesi AS pada hari Senin (11/01/2021). Logam Mulia sebagai aset safe-haven mengejar tawaran untuk memulai perdagangan minggu ini karena sekarang ada lebih banyak arus silang di pasar daripada yang terlihat baru-baru ini.

Beberapa aksi berburu barang murah yang dirasakan juga ditampilkan dalam emas setelah harga mengalami penurunan tajam pada Jumat lalu. Harga emas berjangka untuk kontrak bulan Februari terakhir naik $ 7,40 pada $ 1,842.80.

Sentimen kenaikan harga emas memanfaatkan penurunan yang terjadi di pasar saham global. Indek saham AS mengarah ke pembukaan yang lebih rendah ketika sesi New York dimulai. Risk Appetite di kalangan pedagang dan investor tertekan.

Sentimen negative pasar ekuitas bersumber dari angka laporan pengangguran AS yang suram pada Jumat lalu dan kerusuhan Capitol AS. Kedua hal ini  telah dikombinasikan dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang masih membebani pasar. Saat ini iklim perdagangan dan investasi sedikit bergelombang dibandingkan minggu lalu.

Sementara itu, sentiment kunci adalah indeks dolar AS yang juga menguat dengan kokoh. Dolar asset adalah perdagangan yang paling direkomendasikan di pasar mata uang menjelang tahun 2021. Namun, kenaikan imbal hasil dari obligasi pemerintah AS sekarang dapat mengarah pada pemikiran ulang tentang strategi ini.

Jika kurva imbal hasil menjadi lebih curam dan perbedaan menjadi jauh lebih luas, diharapkan untuk melihat pemulihan yang kuat dalam dolar meskipun ada miliaran stimulus baru yang diharapkan. Menurut data CFTC terbaru, ada pemangkasan posisi buy dalam mata uang utama (futures) terhadap greenback. Imbal hasil obligasi AS tenor 10-tahun saat ini diambil 1,103%.

Secara teknis, harga emas berjangka Februari mencapai level terendah lima minggu pada awal hari ini. Dimana Bull emas telah kehilangan keseluruhan keuntungan teknis jangka pendek dengan kerugian besar pada hari Jumat. Tren harga dalam grafik harian sepanjang lima minggu telah dinegasikan.

Sasaran kenaikan harga emas berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di bulan Februari di atas resistensi yang solid di tertinggi minggu lalu di $ 1.962,50. Sementara target penurunan harga dalam jangka pendek berikutnya adalah mendorong harga berjangka di bawah dukungan teknis yang solid di posisi terendah pada bulan November di $ 1.767,20.

Resistensi pertama untuk mengkonfirmasi kenaikan adalah di $ 1,856.00 dan di $ 1,875.00. Sementara konfirmasi penurunan adalah penerobosan di level terendah $ 1,817.10 dan di $ 1.800.00.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden akan Teken Keppres Soal Keamanan Pangan dan Keuangan

Presiden Joe Biden diperkirakan akan menandatangani sedikitnya dua perintah eksekutif pada hari Jumat, yang dimaksudkan untuk memberikan keamanan pangan dan makanan bagi keluarga-keluarga yang...

Biden: AS akan dukung rencana global perangi COVID-19

Amerika Serikat (AS) akan mendukung rencana global untuk memerangi COVID-19 dan memberikan vaksin ke negara-negara miskin sebagai bagian dari strategi nasional, ujar Presiden Joe...

Pernyataan Lagarde Sempat Kuatkan EURUSD

Pada malam tadi, Presiden Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), Christine Lagarde telah menyampaikan pernyataan mengenai ekonomi Eropa yang masih melakukan Lockdown ini akibat...

Penjualan Ritel Inggris Tumbuh Lebih Lemah Dari Perkiraan, GBP Terpangkas

Penjualan ritel Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, hal ini menandai akhir tahun yang buruk, sementara utang public naik ke...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502