Iran: AS Harus Cabut Sanksi untuk Kembali ke Komitmen Nuklir

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei hari Minggu (7/2) mengatakan, Amerika harus mencabut semua sanksi jika negara itu ingin Iran membatalkan langkah-langkah nuklirnya.

“Iran telah memenuhi semua kewajibannya sesuai kesepakatan nuklir 2015, bukan Amerika dan tiga negara Eropa.

Kalau mereka ingin Iran kembali pada komitmennya, Amerika harus mencabut dulu semua sanksinya,” tulis Khamenei di Twitter.

“Setelah memverifikasi apakah semua sanksi telah dicabut, maka kami akan kembali ke kepatuhan penuh,” tulisnya.

Presiden Amerika Joe Biden, yang menjabat bulan lalu, mengatakan, jika Iran kembali ke kepatuhan ketat pada pakta nuklir 2015, Amerika akan mengikuti dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk perjanjian yang lebih luas yang mungkin membatasi pengembangan rudal dan kegiatan regional Iran.

Mantan Presiden Amerika Donald Trump menarik Amerika keluar dari perjanjian nuklir antara Iran dan enam negara kuat dunia pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Iran telah melanggar kesepakatan itu sebagai tanggapan langkah demi langkah terhadap kebijakan “tekanan maksimum” Trump, tetapi berulang kali mengatakan pihaknya dapat dengan cepat membalikkan pelanggaran itu jika sanksi Amerika dicabut.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Cabut Larangan Terkait Green Card yang Diberlakukan Trump

Presiden Amerika Joe Biden pada Rabu (24/2) mencabut maklumat pendahulunya yang memblokir banyak pemohon green card atau kartu penduduk tetap untuk memasuki Amerika Serikat. Mantan...

Kematian COVID capai 500.000, Biden ajak warga mengheningkan cipta

Presiden Joe Biden pada Senin (22/2) mengajak warga Amerika untuk mengheningkan cipta bagi 500.000 korban meninggal akibat COVID-19, tonggak suram sepanjang sejarah. Presiden Biden dan...

Biden, Trudeau Bahas COVID dan Ancaman Perubahan Iklim

Presiden AS Joe Biden bertemu secara virtual, Selasa (23/2) dengan Perdana Menteri Justin Trudeau, menandai pertemuan bilateral pertama Biden dengan pemimpin asing sejak menjabat...

Biden-Trudeau Perbarui Hubungan AS-Kanada yang Tegang

Presiden Joe Biden, Selasa (23/2), menyatakan Kanada dan Amerika Serikat adalah sahabat, sementara Perdana Menteri Justin Trudeau menyebut persahabatan itu "luar biasa." Pernyataan yang...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502