Jelang Consumer Confidence, Dolar Index Kembali Melemah

Semalam Dolar Index sempat menguat hingga level 97.12 karena menguatnya bursa AS akibat naiknya harga minyak bumi dan amannya posisi Ketua The Fed, Jerome Powell karena sesuai ketentuan, Trump tidak bisa memecat Ketua The Fed yang independent. Namun, kuatnya pengaruh data ekonomi yang mengecewakan juga membebani dolar AS. Kemarin, Richmond Manufacturing Index periode Desember diumumkan sebesar -8, jauh di bawah prediksinya sebesar 16, bahkan jauh juga dibawah data sebelumnya sebesar 14 seperti dilansir dari Forex Factory.

Data ini menunjukkan bahwa tingkat aktivitas manufaktur di wilayah Richmond, bahkan angka di bawah 0 menunjukkan bahwa kondisinya memburuk dibandingkan periode sebelumnya.

Rilis data tersebut lantas kian mengonfirmasi bahwa perekonomian AS masih berada dalam tren perlambatan. Akibatnya, terdapat keraguan bahwa The Federal Reserve masih akan mengeksekusi rencanannya untuk mengerek suku bunga acuan sebanyak 2 kali pada tahun depan.

Secara teknikal, Jika koreksi naik Dolar Index tidak dapat menembus level 96.90-97.00 jelang Consumer Confidence AS jam 22.00 wib, maka Dolar Index diprediksi akan kembali melemah menuju level 96.70 pada bolinger tengah 20 time frame H4. Tapi jika tembus level 97.00, maka dolar index akan meneruskan koreksi naiknya ke level 97.15.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.