Kapal Perusak AS Berlayar Dekat Pulau-pulau di Laut China Selatan yang Dikontrol China

Angkatan Laut AS, Rabu (13/7), mengoperasikan sebuah kapal perusak di dekat pulau-pulau yang dikuasai China di Laut China Selatan.

Washington menyatakan, kapal itu melakukan patroli yang bertujuan untuk menegaskan kebebasan navigasi melalui jalur laut strategis.

Kapal perusak berpeluru kendali USS Benfold berlayar melewati Kepulauan Paracel dan melanjutkan operasinya di Laut China Selatan.

Operasi itu “menegakkan hak, kebebasan, dan penggunaan laut yang sah, kata Armada ke-7 Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan yang dirilisnya.

Operasi semacam itu dianggap sebagai kunci bagi Angkatan Laut AS untuk mempertahankan kehadirannya di Indo-Pasifik, di mana China telah meningkatkan kehadirannya melalui pengerahan kapal besar-besaran.

Beijing juga telah memicu kekhawatiran AS, Australia dan Selandia Baru dengan penandatanganan perjanjian pertahanan bersama dengan Kepulauan Solomon.

Berdasarkan perjanjian itu, dalam keadaan darurat, China dapat mengirim pasukannya dan bahkan membangun kehadiran militer China yang permanen di sana.

Terkait operasi Benfold, Komando Kawasan Selatan China melacak pergerakan kapal itu dan memerintahkannya untuk meninggalkan daerah itu, kata Kolonel Angkatan Udara China Tian Junli seperti dikutip di situs web Kementerian Pertahanan China.

“Pasukan kami di daerah militer selalu berada dalam kondisi siaga tinggi untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan,” kata kementerian itu.

China mengklaim kepemilikan atas hampir seluruh jalur laut strategis itu, yang dilalui perdagangan global sekitar $5 triliun setiap tahunnya dan menyimpan stok ikan dan sumber daya mineral bawah laut yang sangat berharga.

Filipina, Brunei, Malaysia, Vietnam dan Taiwan juga memiliki klaim atas sebagian wilayah tersebut.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.