Kasus Polio di Inggris, AS Ungkap Risiko Vaksin Oral yang Jarang Terjadi

Virus polio yang baru-baru ini ditemukan di Yerusalem, London dan New York adalah versi mutasi dari virus yang pertama kali berasal dari vaksin yang dibuat untuk mengatasi penyakit yang melumpuhkan itu.

Penemuan tersebut merupakan perkembangan yang mengejutkan dalam upaya puluhan tahun guna memberantas polio.

Selama bertahun-tahun, para pejabat kesehatan global telah menggunakan sebuah vaksin oral untuk membasmi penyakit itu di wilayah-wilayah miskin seperti Afghanistan, Nigeria dan Pakistan.

Tapi dalam beberapa pekan belakangan, para ilmuwan telah menemukan bukti bahwa polio menyebar di tempat-tempat seperti Inggris dan AS.

Analisis genetika menunjukkan virus itu terkait dengan vaksin oral itu sendiri.

Sejak 2017, terdapat 396 kasus polio yang disebabkan oleh virus liar itu, dibandingkan dengan lebih dari 2.600 yang terkait dengan vaksin oral itu, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitra-mitranya.

“Ini sama saja dengan menggantikan virus liar itu dengan virus di dalam vaksin, yang kini menyebabkan wabah baru,” kata Scott Barrett, profesor Universitas Columbia yang mempelajari pemberantasan polio.

“Saya berasumsi negara-negara seperti Inggris dan AS akan mampu menyetop penularan dengan cepat, tapi kita juga berasumsi demikian dengan cacar monyet.” Insiden terbaru itu mencerminkan pertama kali dalam beberapa tahun bahwa virus polio terkait vaksin muncul di negara-negara kaya.

Indonesia
54,236
Total Kasus Aktif
Updated on 04/12/2022 7:14 AM 04/12/2022 7:14 AM
Seluruh Dunia
18,257,242
Total Kasus Aktif
Updated on 04/12/2022 7:14 AM 04/12/2022 7:14 AM

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.