Kemenangan Partai LDP Ringankan Langkah PM Fumio Kishida

Kemenangan solid partai berkuasa Jepang dalam pemilihan parlemen rendah pada hari Minggu sangat berpotensi menghapus tekanan pada Perdana Menteri Fumio Kishida untuk meningkatkan besaran paket stimulus bantuan pandemi, sehingga akan meredam kekhawatiran penerbitan obligasi besar-besaran.

Kishida telah berjanji akan menyusun paket stimulus baru senilai “puluhan triliun yen” untuk meredam krisis ekonomi imbas COVID-19, namun sejauh ini baru menawarkan beberapa detail saja, termasuk besaran pengeluaran yang tepat dan bagaimana cara membayarnya.

Selama kampanye pemilihan, ia menolak seruan oposisi untuk anggaran yang lebih besar dan pemotongan pajak penjualan dengan pandangan bahwa Jepang tidak boleh melupakan kebutuhan untuk mengendalikan utang publiknya yang besar yang membengkak menjadi dua kali ukuran ekonominya.

Dengan Partai Demokrat Liberal (LDP)-nya mempertahankan mayoritas satu partainya di majelis rendah yang kuat, Kishida akan menghadapi tekanan yang lebih sedikit untuk mengindahkan seruan semacam itu, serta proposal oleh mitra koalisi Komeito untuk pembayaran tunai menyeluruh kepada keluarga dengan anak-anak berusia 18 tahun atau lebih rendah, kata para analis.

Pemenang besar dalam oposisi adalah Partai Inovasi Jepang, yang berada di urutan ketiga di majelis rendah setelah LDP dan oposisi Partai Demokrat Konstitusi Jepang dengan seruan untuk lebih fokus pada deregulasi daripada ‘pork-barrel spending’.

Pada konferensi pers pada hari Senin, Kishida mengatakan dia akan menyusun paket stimulus pada pertengahan November dan meloloskan anggaran tambahan melalui parlemen pada akhir tahun ini.

“Kami harus menerbitkan obligasi untuk mendanai langkah-langkah darurat yang diperlukan untuk membantu mata pencaharian masyarakat,” kata Kishida, tanpa mengomentari besaran pengeluaran atau penerbitan obligasi.

Pasar secara kasar memperkirakan 30 triliun yen besaran paket, yang dapat menyebabkan penerbitan utang baru tetapi tidak cukup untuk menyentak pasar keuangan.

Kishida harapkan dapat mengirimkan paket tepat waktu untuk mendukung ekonomi yang tengah berjuang untuk bangkit dari kelesuan yang disebabkan oleh pandemi.

Pencabutan pembatasan darurat pada 30 September, masih belum mampu meningkatkan konsumsi. Masalah pasokan dan kenaikan biaya input telah mengganggu produksi pabrik, membebani ekonomi yang bergantung pada ekspor.

Analis dalam survei Reuters memperkirakan ekonomi Jepang tumbuh 0,8% secara tahunan pada kuartal ketiga, sebelum meningkat menjadi 4,5% pada kuartal ini.

Sementara itu, pemilihan hari Minggu meninggalkan beberapa bekas luka. Beberapa eksekutif LDP kehilangan kursi, termasuk sekretaris jenderal Akira Amari, yang merupakan salah satu perencana strategi pertumbuhan Kishida dan pendorong fokus partai pada keamanan ekonomi.

Sementara Amari masih memenangkan perwakilan proporsional, media domestik melaporkan dia akan mundur dari jabatan partai.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.