Korea Selatan Bekerja Sama Dengan UEA Amankan Reaktor Nuklir

JAVAFX – Kementerian Perindustrian Korea Selatan mengatakan Selasa pihaknya telah sepakat untuk bekerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengamankan proyek-proyek reaktor nuklir baru di luar negeri. Demikian dikabarkan pada hari Selasa, (10/09/2019) oleh kantor berita pemerintah Yonhap.

Gold Trading

Korea Electric Power Corp (KEPCO) yang dikelola pemerintah menandatangani nota kesepahaman dengan Barakah One Co. untuk bersama-sama memenangkan proyek reaktor nuklir, mengutip pernyataan dari Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi. Barakah One Co. adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh KEPCO dan Emirates Nuclear Energy Corp.

Korea Selatan telah membangun empat reaktor di pembangkit nuklir Barakah, yang terletak 270 kilometer dari Abu Dhabi, sejak 2012. Reaktor pertama selesai tahun lalu, dengan tiga lainnya juga akan selesai dalam waktu dekat.

Pembangkit nuklir Barakah, yang menandai proyek nuklir luar negeri pertama Korea Selatan, sangat penting karena membuka jalan bagi kedua negara untuk memperdalam hubungan di banyak daerah. Perjanjian terbaru yang ditandatangani antara KEPCO dan Barakah One Co. akan mencakup berbagai kerja sama, termasuk konstruksi, operasi, investasi dan pembinaan para ahli, tambahnya.

Korea Selatan berencana untuk berbagi kemampuan dan pengalamannya dengan UEA, dan berupaya memenangkan proyek-proyek baru dari negara lain.(WK)