Lagarde Ingin Tinjau Kembali Tujuan Kebijakan ECB

JAVAFX – Bank Sentral Eropa meluncurkan tinjauan kebijakannya pada hari Kamis yang memungkinkan Presiden ECB, Lagarde mendefinisikan kembali tujuan utama ECB dan bagaimana mencapainya.
Bank sentral Eropa telah jatuh jauh dari target inflasi hanya dibawah 2% selama bertahun-tahun, bahkan setelah meluncurkaan langkah-langkah stimulus yang semakin agresif di bawah pendahulu Lagarde, Draghi.

Lagarde mengatakan bahw atujuan sekarang akan ditinjau, bersama dengan toolkit ECB, bagaimana mengukur pertumbuhan harga dan bagaimana berkomuniasi dengan publik. “Kami tidak akan membiarkan batu apa pun terlewat dan bagaimana kami mengukur inflasi jelas merupakan sesuatu yang perlu kita perhatikan,” Lagarde mengatakan pada konferensi pers keduanya sebagai presiden ECB.

Gold Trading

Bagaimana ECB mengubah formulasi stabilitas harga – saat ini didefinisikan sebagai tingkat inflasi tahunan di bawah ini, tetapi mendekati 2% dalam jangka menengah – akan sangat penting untuk mengantisipasi langkah kebijakan di masa depan. ECB dapat menandakan komitmennya untuk meningkatkan inflasi dengan menaikkan sasaran menjadi 2% dan menjelaskan bahwa ia akan mengambil alih semua penjarahan sama seriusnya dengan overshoot.

Pernyataan Lagarde hari Kamis telah memukul euro yang tertekan melemah ke level 1.10400 per dolar AS. Pada hari Jumat, Lagarde dijadwalkan akan berbicara di World Economic Forum di Davos. Jika pernyataannya kembali menyinggung kebijakan moneter yang cenderung longgar maka akan kembali menjadi sentimen jual untuk mata uang tunggal euro.

 

 

 

 

Swendy

sumber reuters.com