Laju Kenaikan Harga Minyak Tak Terhenti Menuju $90 pbl

JAVAFX – Hanya sedikit yang bisa memperkirakan bahwa setelah kenaikan yang sudah ekstensif tahun ini di tengah pulihnya permintaan, harga minyak akan bergerak lebih jauh. Namun, komoditas yang paling banyak diperdagangkan di dunia ini baru saja mendapat dorongan besar dari krisis gas di Eropa dan Asia, mendorong sejumlah analis untuk memperbarui perkiraan mereka.

Salah satu yang paling bullish dari semua pengamat adalah Goldman Sachs, yang analis komoditasnya telah mempertahankan target harga mereka sebesar $80 untuk minyak mentah Brent terlepas dari kebangkitan Covid-19 di banyak pasar utama dan peristiwa bearish lainnya. Sekarang, para analis ini telah menaikkan target mereka menjadi $90, dengan alasan bahwa minyak telah memasuki pasar bull struktural.

Dalam catatan awal pekan ini, tim komoditas Goldman mencatat penarikan yang cukup besar dalam stok minyak, yang saat ini berada di sekitar 4,5 juta barel per hari dan merupakan penarikan harian terbesar yang pernah tercatat, adalah salah satu faktor yang mendorong pergeseran dari siklus ke pasar struktural.

Didefinisikan sebagai pasar – bearish atau bullish – yang didorong oleh faktor-faktor seperti ketidakseimbangan fundamental dan gelembung keuangan, pasar bullish struktural untuk minyak juga dipengaruhi secara signifikan oleh hilangnya produksi minyak AS yang disebabkan oleh Badai Ida. Dengan perkiraan total kerugian produksi sekitar 30 juta barel, Ida tidak hanya menjadi salah satu badai paling dahsyat dalam sejarah baru-baru ini, tetapi juga salah satu alasan utama peningkatan produksi OPEC+ sejak Juli tahun ini akan gagal membuat perbedaan bagi pasokan dunia. .

Faktanya, Badan Energi Internasional melaporkan sebelumnya bahwa karena Badai Ida, pasokan minyak global sebenarnya turun pada Agustus, meskipun OPEC+ meningkat, sebesar 540.000 barel per hari. IEA menambahkan bahwa pertumbuhan produksi diperkirakan akan dilanjutkan bulan depan, tetapi menurut Goldman Sachs, ini tidak akan cukup untuk mengembalikan keseimbangan antara penawaran dan permintaan.

Mereka memperkirakan minyak mentah Brent mencapai $90 pada akhir tahun karena permintaan minyak pulih di tengah pemulihan dalam perjalanan. Pemulihan, menurut para analis, akan didorong oleh tingkat infeksi yang lebih rendah selama gelombang Covid-19 terbaru, yang merupakan bukti bahwa vaksinasi berhasil dan kembali ke kehidupan normal dapat dicapai sekali lagi.

Ini bukanlah apa yang rata-rata konsumen berita akan kumpulkan dari menelusuri laporan terkait Covid-19, tetapi peningkatan permintaan minyak yang terus berlanjut menunjukkan bahwa laporan tersebut hanya menunjukkan sebagian dari gambaran, dan sebagian lainnya tidak terlalu pesimis.

Terakhir, ada bonus faktor bullish untuk minyak: krisis gas yang telah melumpuhkan Eropa dan juga mulai melumpuhkan China.

Kombinasi dari kurangnya investasi dalam produksi lokal, lonjakan permintaan karena aktivitas ekonomi pulih, dan musim dingin yang keras tahun lalu yang membuat gua penyimpanan setengah kosong berubah menjadi badai yang sempurna untuk Eropa awal tahun ini dan mendorong harga gas setinggi langit, mendorong utilitas untuk memulai kembali pembangkit listrik tenaga batu bara dan minyak. Cina, di sisi lain, menderita dampak dari pasokan batubara yang ketat dan peraturan emisi yang lebih ketat yang telah menambah biaya energi.

Semua ini akan mendorong defisit yang terus-menerus untuk pasar minyak, catat para analis Goldman. Lebih lanjut, “skalanya akan membanjiri kemauan dan kemampuan OPEC+ untuk meningkat.” Pemulihan serpih AS juga tidak akan cukup untuk menghapus defisit, catat para analis.

Pada akhirnya, harga minyak akan tetap lebih tinggi lebih lama – sebuah skenario yang tidak mungkin terjadi beberapa bulan lalu meskipun permintaan pulih karena fokus pada energi terbarukan dan peran mereka dalam membunuh permintaan minyak secara permanen. Sekarang, untuk menambah penghinaan terhadap kerugian, harga batu bara juga melonjak karena persediaan utilitas Eropa bersiap untuk penurunan pembangkit listrik terbarukan selama musim dingin.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.