Larang Perdagangan “Petro”,  AS Tekankan Sanksi Baru untuk  Venezuela

Pemerintah AS telah tegas melarang warganya untuk membeli atau pun berurusan dengan mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Venezuela dan AS perlu memberi sanksi baru pada Venezuela.

Donal Trump telah menandatangi langsung larangan tersebut pada hari ini, Senin (20 Maret 2018) yang memuat larangan bagi segenap warga negara AS dan entitas lainnya dalam transaksi keuangan yang melibatkan Petro, yaitu mata uang digital nasional Venezuela.

Pada saat yang bersamaan, Departemen Keuangan AS juga telah memberi sanksi pada 4 pejabat Vebezuela terkait dengan salah urus ekonomi dan korupsi dalam pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Tindakan keras pihak AS terhadap Venezuela sekaligus sebagai reaksi atas upaya pemerintahan Amerika Latin untuk memangkas sanksi ekonomi AS dengan meluncurkan mata uang kripto nasional.

Selipan pernyataan keras pihak AS, juga tercermin dari Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan (OFAC) yang menyatakan bahwa  “Tindakan rezim Maduro menyebabkan  mata uang Venezuela pada dasarnya tidak berharga dipicu oleh  hiperinflasi, yang berdampak pada langkanya komoditas makanan dan obat-obatan melalui kontrol harga, dan pada gilirannya memicu krisis kemanusiaan, di sisi lain pemerintah Venezuela menolak untuk mengubah kebijakan atau menerima bantuan internasional. “

Dan inflasi di negara sosialis tersebut telah berlangsung, menciptakan krisis pangan. Mata uang nasional, Bolivar pun kian terkelupas nilainya.

Maka dalam konteks tersebut di atas, pemerintah Maduro meluncurkan pra-penjualan Petro pada tanggal 20 Februari lalu untuk menghindari sanksi  dari pihak AS.

Pemerintah Venezuela mengklaim bahwa mata uang kripto yang didukung minyak telah menghasilkan 5 miliar dollar AS namun Majelis Nasional yang dikuasai Oposisi menyatakan Petro tidak sah.

Wakil AS pada pertemuan G-20 yang masih berlangsung, yaitu Menteri Keuangan Steven T. Mnuchin, sangat kritis terhadap Venezuela.

Mnuchin menuding Presiden Maduro telah menghancurkan ekonomi Venezuela dan memicu  krisis kemanusiaan. “Alih-alih (Maduro) mengoreksi kebijakan guna  menghindari malapetaka lebih lanjut, malahan rezim Maduro berusaha untuk menghindari sanksi melalui mata uang digital Petro.”

Pihak AS telah membekukan semua aset dari empat pejabat dan pemerintah Venezuela, serta melarang warga AS untuk berurusan dengan mereka. Keempat pejabat tersebut adalah:

Américo Alex Mata García, sebagai koordinator kampanye presiden Maduro  pada tahun 2013, menerima pembayaran dari Odebrecht, sebuah perusahaan konstruksi Brasil yang terperosok dalam skandal korupsi di seluruh dunia; Willian Antonio Contreras, sebagai Wakil Menteri Perdagangan Internal, dan Kepala Agensi yang bertanggung jawab dalam menetapkan kontrol harga di Venezuela; Nelson Reinaldo Lepaje Salazar, Kepala Perbendaharaan Nasional; dan Carlos Alberto Rotondaro Cova, mantan Kepala Lembaga Pemerintah yang menyediakan pasien dengan obat-obatan untuk kondisi kronis.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.