Market Outlook AUDUSD: Kamis, 18 Januari 2024

0
122

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
AUDUSD lanjutkan penurunan minggu ini atas sentimen penghindaran risiko, data ekonomi Australia yang gagal menahan penurunan dolar Aussie dan data Penjualan Ritel AS yang menopang kenaikan dolar AS.

Outlook:
Dolar Australia lanjutkan penurunan sejak 11 Januari terhadap dolar AS, saat ini AUDUSD diperdagangkan di level 0.6558, naik tipis dari pembukaan hari ini di level 0.6550.

Serangan militer AS terhadap target Houthi di Yaman, meningkatkan ketegangan geopolitik dan mendorong sentimen penghindaran risiko dan membuat pasar cenderung mencari aset Safe Haven.

Ekspektasi Inflasi Konsumen Australia yang stabil di 4,5% di Januari, Tingkat Pengangguran yang bertahan di 3,9% di Desember, dan data Employment Change yang turun 65,1K, gagal menahan penurunan Aussie.

Penjualan Ritel bulanan AS yang naik 0,6%, di atas konsensus sebesar 0,4 dan data sebelumnya 0,3%, memaksa pasar meredam ekspektasi penurunan suku bunga Fed dan mendorong kenaikan dolar AS, dan diyakini menjadi faktor utama penurunan AUDUSD.

Para investor telah mengurangi ekspektasi untuk penurunan suku bunga Federal Reserve (Fed) yang pertama di bulan Maret, dengan peluang penurunan suku bunga turun menjadi 57%, dari lebih dari 70%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar hari ini akan menunggu rilis data Housing Starts, Building Permits, Klaim pengangguran mingguan, dan indeks manufaktur Philly Fed AS dan CB Leading Index Australia yang dapat memengaruhi AUDUSD.

Peluang Trading:
Data ekonomi Australia yang moderat gagal menopang penurunan AUDUSD yang telah terseret oleh data penjualan ritel AS dan sentimen penghindaran risiko yang mendorong kenaikan dolar AS. Sentimen ini dapat menjadi acuan kelanjutan penurunan AUDUSD.
Secara teknikal AUDUSD masih berada dalam tren Bearish sejak penurunan pada 11 Januari lalu yang terlihat pada grafik timeframe H1. AUDUSD memerlukan dukungan yang signifikan untuk melanjutkan upaya rebound di awal perdagangan hari ini. Indikator Relative Strength Index saat ini berhasil menyentuh garis tengah melanjutkan pergerakan naik sejak perdagangan kemarin yang diikuti dengan harga yang saat ini naik mendekati Exponential Moving Average (EMA) 50 menjadi indikasi upaya koreksi AUDUSD.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6548, dengan target profit di level 0.6533 hingga 0.6528.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6565, dengan target profit di level 0.6580 hingga 0.6588.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.