Market Outlook AUDUSD: Kamis, 4 April 2024

0
135

Tren AUDUSD: Bullish pada Timeframe H1 (Intraday)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Dolar Australia menguat di tengah membaiknya data ekonomi domestik pada hari Kamis. Indeks Layanan dan PMI Komposit Bank Judo Australia meningkat di bulan Maret. Sementara dolar AS tertekan oleh data ekonomi yang lemah dan pidato Dovish Powell pada hari Rabu yang mendukung penurunan suku bunga.

Outlook Fundamental:
AUDUSD diperdagangkan di sekitar level 0.6584, setelah dolar AS mencatat penurunan imbas pidato Ketua Federal Reserve, Jerome Powell dan data ekonomi AS beragam. Indeks dolar AS saat ini diperdagangkan di sekitar level 103.92, turun tajam dari level atas kemarin di level 104.50.

Meski data Ketenagakerjaan ADP sektor swasta AS kemarin cukup kuat, namun data ISM Services PMI AS yang lemah menyeret dolar AS. Selain itu, PMI Jasa China yang membaik mungkin telah memberikan dukungan untuk menopang dolar Australia.

Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali kesiapan bank sentral AS untuk menerapkan penurunan suku bunga, dengan menekankan pendekatan yang bergantung pada data, yang diikuti dengan pernyataan pejabat Fed lainnya.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan fokus pada rilis data klaim tunjangan pengangguran AS dan pidato dua pejabat FOMC Thomas Barkin dan Loretta Mester yang akan memberikan pengaruh terhadap pergerakan pasar.

Peluang Trading:
Penurunan indeks dolar AS yang diperkirakan masih akan berlanjut, membuka peluang AUDUSD melanjutkan kenaikan di dua hari sebelumnya mengingat faktor fundamental saat ini cenderung melemahkan dolar AS. Sementara itu, jika klaim tunjangan pengangguran AS hari ini menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang kuat dan pidato pejabat FOMC yang dovish, dolar AS berpotensi kembali melemah dan mendorong kenaikan emas.
Secara teknikal grafik pada timeframe H1 menunjukkan pasangan AUDUSD masih cukup meyakinkan untuk melanjutkan kenaikannya. Dengan harga yang saat ini jauh di atas Exponential Moving Average (EMA), dengan EMA50 menembus ke atas EMA200 menunjukkan pasangan ini masih dalam tren kenaikan didukung dengan Relative Strength Index (RSI) bergerak naik di area Overbought. Penembusan EMA100 ke atas EMA200 berpotensi membawa harga naik menuju level psikologis 0.6600. Sebaliknya, potensi untuk koreksi masih dapat terjadi jika harga gagal menembus ke atas level 0.6588, yang berpotensi membawa harga berbalik turun ke sekitar level 0.6560.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6592, target profit di level 0.6600 hingga 0.6604.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6577, target profit di level 0.6571 hingga 0.6567.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.