Market Outlook AUDUSD: Kamis, 8 Januari 2024

0
55
Dolar Aussie

Tren AUDUSD Timeframe H1: Konsolidasi (Potensi Bullish)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
AUDUSD menelusuri kembali penurunan kemarin di tengah sentimen positif terhadap aset berisiko, RBA yang tidak menutup kemungkinan apa pun mengenai kebijakan moneter selanjutnya, dan konsolidasi dolar AS atas komitmen anggota the Fed untuk mempertahankan suku bunga hingga inflasi stabil kembali ke target 2%.

Outlook:
Dolar Australia pulih dari penurunan kemarin didukung oleh minat pasar pada aset berisiko. Selain itu, membaiknya kondisi di pasar uang Australia memberikan dukungan pada Dolar Australia yang mendorong kenaikan AUDUSD yang saat ini berada di sekitar level 0.6525.

Dolar Aussie didukung oleh pernyataan hawkish Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Michele Bullock setelah keputusan suku bunga RBA pada hari Selasa untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada 4,35%, tanpa membuat pernyataan eksplisit mengenai kebijakan selanjutnya.

Sementara itu, meskipun Federal Reserve AS (Fed) menekankan komitmennya untuk mempertahankan suku bunga hingga inflasi stabil kembali ke target 2%, namun dolar AS menghadapi tantangan dan saat ini berada di sekitar level 103.80, mengikuti koreksi yield obligasi yang bergerak relatif stabil di 4.10%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Investor hari ini akan fokus pada rilis data Klaim Pengangguran Awal mingguan, Persediaan Grosir AS, dan pidato anggota FOMC Thomas Barkin yang akan menjadi petunjuk dan memengaruhi pergerakan di pasar.

Peluang Trading:
Melemahnya indeks dolar AS mengikuti koreksi yield obligasi AS menopang kenaikan AUDUSD dalam upaya menghentikan penurunan ringan perdagangan kemarin atas meningkatnya sentimen risk appetite oleh para investor. Namun, data klaim pengangguran mingguan AS dan pidato anggota FOMC akan menjadi penggerak dolar AS dan berpotensi melemahkan AUDUSD.
Secara teknikal AUDUSD masih dalam rentang pergerakan harga kemarin dan masih berjuang mempertahankan pemulihan atas penurunan kemarin. Grafik pada timeframe H1 menunjukkan AUDUSD menguat ringan, namun bergerak sedikit terbatas, dengan harga saat ini berada di antara Exponential Moving Average (EMA)50 dan 100 dan Indikator Relative Strength Index juga saat ini sedikit di atas garis tengah. Penembusan harga ke atas EMA100 akan membawa AUDUSD naik menuju Resistance terdekatnya di level 0.6533. Sementara, penurunan kembali harga di bawah level Pivot, akan membawa AUDUSD menuju EMA50. Penembusan level ini akan membawa dolar Aussie menuju level 0.6510.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6530, dengan target profit di level 0.6537 hingga 0.6542.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6522, dengan target profit di level 0.6514 hingga 0.6510.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.