Market Outlook AUDUSD: Rabu, 17 April 2024

0
139

Tren AUDUSD: Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Dolar Australia mencoba pulih dari penurunan tiga hari atas membaiknya sentimen pasar. Pernyataan hawkish Jerome Powell tadi malam mendukung indeks dolar AS bertahan di dekat level tertinggi lima bulan di 106,51 dan berpotensi menahan kenaikan pasangan AUDUSD.

Outlook Fundamental:
Dolar Australia pulih dari penurunan tiga hari pada hari Rabu dan saat diperdagangkan di sekitar level 0.6418, bangkit dari level yang terakhir disentuh pada pertengahan November.

Pernyataan hawkish dari pejabat Federal Reserve (Fed), termasuk Jerome Powell mendukung kenaikan dolar AS dan berpotensi membatasi kenaikan AUDUSD jangka pendek.

Powell menyatakan bahwa data terbaru menunjukkan perkembangan ringan pada inflasi tahun ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai target 2%, mendukung kenaikan dolar AS.

Dolar Australia ditopang oleh rebound Indeks ASX 200 setelah melemah dalam tiga hari berturut-turut di tengah kehati-hatian pasar menunggu respons Israel atas serangan udara Iran pada hari Sabtu.

Pemulihan AUDUSD diyakini memanfaatkan penurunan ringan indeks dolar AS dari level tertinggi lima bulan di 106,51 yang disentuh kemarin dan penurunan ringan yield obligasi AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Minimnya data ekonomi utama AS dan Australia yang dirilis hari ini, membuat para pelaku pasar kemungkinan akan fokus pada sentimen pasar dan pergerakan di pasar ekuitas dan obligasi.

Peluang Trading:
Pasar memanfaatkan penurunan ringan indeks dolar AS yang menopang pemulihan AUDUSD. Namun, mengingat faktor fundamental saat ini cenderung penghindaran melemahkan dolar AS. Sementara itu, pernyataan hawkish pejabat FOMC berpotensi kembali melemahkan pasangan AUDUSD.
Secara teknikal grafik pada timeframe H1 menunjukkan pasangan AUDUSD masih dalam tren Bearish dan berjuang mempertahankan momentum untuk melanjutkan pemulihan. Dengan harga saat ini di bawah Exponential Moving Average (EMA), didukung dengan Relative Strength Index (RSI) yang bergerak naik dan menyentuh garis tengah. Penembusan RSI ke atas garis tengah, dapat menjadi indikasi kelanjutan pemulihan. Sebaliknya, potensi rebound indeks dolar dapat menggagalkan upaya pulih pasangan AUDUSD.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6408, target profit di level 0.6402 hingga 0.6397.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6422, target profit di level 0.6428 hingga 0.6433.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.