Market Outlook AUDUSD: Rabu, 31 Januari 2024

0
54

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
AUDUSD anjlok imbas data inflasi konsumen Australia yang turun di Desember. Data PMI Tiongkok yang naik di Januari dapat membatasi penurunan dolar Aussie dan AUDUSD seiring melemahnya dolar AS.

Outlook:
Dolar Australia turun tajam setelah data inflasi Australia turun melampaui perkiraan di kuartal Desember, memicu spekulasi dua kali penurunan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA) di tahun ini, dan membawa AUDUSD menuju level terendah minggu lalu di 0.6550.

AUDUSD saat ini berada di sekitar level 0.6569 lanjutkan penurunan atas sentimen penghindaran risiko dan kehati-hatian pasar di tengah konflik Timur Tengah yang menopang dolar AS di sekitar level 103.38.

Indeks Harga Konsumen (CPI) tahunan Australia tumbuh 3,4% di Desember, turun dari 4,3% di November dan di bawah perkiraan 3,7%. Sementara CPI per kuartal sebesar 0,6%, di bawah perkiraan 0,8% dan turun dari data sebelumnya sebesar 1,2%.

RBA akan melakukan pertemuan kebijakan yang dijadwalkan pada tanggal 5 dan 6 Februari mendatang, dan bank sentral Australia itu secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Data Federasi Logistik dan Pembelian Tiongkok (CFLP) indikasikan pertumbuhan aktivitas bisnis di Januari. Indeks Manajer Pembelian (PMI) sektor jasa bulanan di 50,7, di atas perkiraan 50,6. Sementara PMI Manufaktur mencapai 49,2, sesuai ekspektasi, naik dari data sebelumnya 49.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar hari ini akan lebih dahulu fokus pada rilis data tenaga kerja ADP sektor swasta dan PMI Chicago sebelum keputusan kebijakan moneter Fed yang diikuti dengan konferensi pers Jerome Powell.

Peluang Trading:
Menurunnya inflasi konsumen Australia membuat AUDUSD sentuh level terendah mingguannya di tengah spekulasi penurunan suku bunga bank sentral Australia dan penghindaran risiko meski dolar AS saat ini melemah. Hanya data PMI Tiongkok yang positif menahan AUDUSD turun lebih lanjut. Kehati-hatian pasar menjelang Keputusan pertemuan FOMC dan konferensi pers Jerome akan menahan pergerakan pasar dan membuka potensi AUDUSD tertahan dalam tren penurunan.
Secara teknikal AUDUSD masih berada di rentang harga dalam seminggu terakhir dan saat ini masih melanjutkan penurunan kemarin. Grafik pada timeframe H1 menunjukkan AUDUSD cukup rentan melanjutkan penurunan, dengan harga saat ini berada di bawah Exponential Moving Average (EMA) dan Indikator Relative Strength Index juga saat ini sedikit di atas garis yang membatasi area Oversold. Penembusan EMA50 ke bawah EMA100 membawa AUDUSD ke area 0.6550, level terendah pekan lalu.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6558, dengan target profit di level 0.6552 hingga 0.6550.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6575, dengan target profit di level 0.6582 hingga 0.6584.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.