Market Outlook AUDUSD: Rabu, 5 Maret 2024

0
80

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Dolar Australia rebound dari penurunan intraday dan berpotensi menghentikan penurunan dalam dua hari memanfaatkan penurunan indeks dolar AS di tengah lemahnya data pertumbuhan ekonomi Australia intraday, indeks ASX 200 menjelang rilis data tenaga kerja AS dan pidato Powell hari ini.

Outlook:
Dolar Australia pulih dari penurunan intraday dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 0.6512, rebound dari level bawah intraday di 0.6491 meski angka PDB yang lemah pada hari Rabu dan sempat tertekan oleh penurunan pasar ekuitas, dengan Indeks S&P/ASX 200 turun untuk tiga sesi berturut-turut.

Dolar Australia relatif tidak terpengaruh oleh data Produk Domestik Bruto (PDB) Australia yang hanya tumbuh 0,2% di kuartal keempat 2023, turun dari 0,3% di kuartal sebelumnya dan PDB tahun tumbuh 1,5%, turun dari 2,1% di kuartal sebelumnya.

Reserve Bank of Australia (RBA) terus memantau perekonomian untuk melihat tanda-tanda perlambatan, yang bertujuan untuk mengembalikan inflasi ke target. RBA mengantisipasi moderasi lebih lanjut dalam pertumbuhan ekonomi menjadi 1,3% pada Juni 2024.

Indeks dolar AS masih tertekan oleh indeks PMI sektor Jasa ISM AS yang turun menjadi 52.6 dari 53.4 pada laporan sebelumnya bersamaan dengan masih melemahnya yield obligasi AS menjelang kesaksian Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell di hadapan Kongres AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Data Ketenagakerjaan ADP sektor swasta AS untuk bulan Februari, JOLTs Job Openings AS yang akan dirilis hari ini, dan pidato Powell akan menjadi fokus pasar untuk mencari petunjuk pasar jangka pendek.

Peluang Trading:
AUDUSD rebound dari penurunan kemarin dan berpotensi hentikan penurunan dua hari ini yang sempat tertahan oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi dan pasar ekuitas Australia. Tapi dolar AS yang masih melemah mengikuti yield obligasi AS, berpotensi menopang AUDUSD untuk melanjutkan kenaikannya.
Secara teknikal grafik pada timeframe H1 menunjukkan pasangan AUDUSD mengubah haluannya, setelah rebound dari level bawah intraday di level 0,6591. Harga saat ini berhasil naik menembus ke atas Exponential Moving Average (EMA) 50 dan 100 diikuti dengan Indikator Relative Strength Index yang berhasil naik di atas garis tengah yang menunjukkan kekuatan AUDUSD saat ini. Penembusan harga ke atas lintasan EMA200 membuka peluang harga naik menuju level 0.6530. Sementara, potensi penurunan kembali perlu diwaspadai jika harga kembali turun ke bawah EMA500.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6519, target profit di level 0.6526 hingga 0.6529. Kenaikan lebih lanjut berpotensi membawa harga menuju 0.6540.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6503, target profit di level 0.6498 hingga 0.6495.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.