Market Outlook AUDUSD: Senin, 22 Januari 2024

0
54

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
AUDUSD terus mencoba mempertahankan kenaikan atas meningkatnya sentimen risiko. Tapi, proyeksi Bank Sentral Australia akan menurunkan suku bunga dapat menghambat kenaikan AUSDUSD seiring dengan PBoC yang menurunkan suku bunga acuan dan meningkatnya konflik di Laut Merah.

Outlook:
AUDUSD kembali turun di bawah level psikologis 0,6600 di tengah ketidakpastian pasar yang didorong oleh diskusi AS dan Inggris mengenai peningkatan tindakan terhadap pasukan Houthi di Yaman.

Dolar Australia juga melemah atas spekulasi penurunan suku bunga Reserve Bank of Australia (RBA) lebih awal, yang dipicu oleh lemahnya Kepercayaan Konsumen Australia dan Perubahan Ketenagakerjaan.

Namun, AUDUSD dapat memanfaatkan penguatan pasar saham domestik, setelah reli di pasar ekuitas AS yang mendorong S&P 500 dan Nasdaq ke rekor baru pada akhir Jumat kemarin.

Spekulasi pasar bahwa Federal Reserve AS (Fed) siap untuk menurunkan suku bunga di akhir tahun, sentimen penghindaran risiko imbas meningkatnya konflik di Timur-tengah menopang kenaikan dolar AS.

People’s Bank of China yang mempertahankan suku bunga dasar pinjaman (LPR) satu tahun dan lima tahun masing-masing di 3,45% dan 4,20% membantu dolar Aussie mempertahankan kenaikannya.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak adanya data ekonomi Australia yang akan dirilis hari ini dan membuat pasar akan fokus pada rilis data CB Leading Index AS dan pergerakan dolar AS dan yield obligasi serta pasar ekuitas di Australia.

Peluang Trading:
Spekulasi bank sentral Australia akan menurunkan suku bunga, bersamaan dengan faktor geopolitik di Timur Tengah gagal menahan penurunan AUDUSD yang telah terseret oleh sentimen penghindaran risiko meski dolar AS saat ini melemah. Hal ini membuka potensi AUDUSD lanjutkan penurunan.
Secara teknikal AUDUSD masih berada dalam tren Bullish sejak rebound pada 17 Januari lalu yang terlihat pada grafik timeframe H1. Namun, koreksi AUDUSD yang sedang terjadi saat ini berpotensi berlanjut, setelah harga kembali turun di bawah level psikologis 0.6600, diikuti dengan penurunan harga menembus ke bawah Exponential Moving Average (EMA)100 dan Indikator Relative Strength Index yang saat ini kembali turun menyentuh garis tengah. Penembusan harga ke bawah EMA50, berpotensi membawa AUDUSD lanjutkan penurunan ke area 0.6550. Sementara kenaikan kembali menembus level psikologis akan mengkonfirmasi tren kenaikan AUDUSD saat ini.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6578, dengan target profit di level 0.6570 hingga 0.6566.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6606, dengan target profit di level 0.6618 hingga 0.6623.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.