Market Outlook EURUSD: Jumat, 29 September 2023

0
69
Euro menuju penurunan bulanan

Tren: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD berusaha lanjutkan kenaikan signifikan sesi Kamis, mengikuti penurunan dolar AS.
Kegagalan dolar AS menahan penurunan berpotensi membawa EURUSD lanjutkan kenaikan.
Ketidakpastian prospek suku bunga ECB lebih lanjut berpotensi menjadi penghambat Euro.
Prospek pengetatan kebijakan Fed masih menggerakkan dolar AS dan membatasi EURUSD.

Outlook:
EURUSD pertahankan kenaikan kuat sesi Kamis dari level di bawah psikologis 1.0500 yang saat ini bergerak di area 1.0580, di tengah fokus pasar pada data inflasi Eurozone dan AS. Indeks Harga Konsumen (CPI) tahunan Flash Eurozone diperkirakan turun menjadi 4.8% di September dari 5.3%, menjadi tanda awal yang akan menguatkan proyeksi Bank Sentral Eropa (ECB) akan memangkas suku bunga.

Indeks Dolar AS masih tertekan atas penurunan dari puncak tahun ini pasca rilis data Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (GDP) tahunan AS yang hanya tumbuh 2.1%, angka yang sama dengan laporan sebelumnya dan harapan pasar. Indeks Harga GDP turun dari 2% menjadi 1.7%, menunjukkan bahwa tekanan harga yang mereda membebani dolar AS, di tengah meningkatnya penerimaan pasar Federal Reserve (Fed) akan tetap mempertahankan sikap hawkish nya.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan fokus pada rilis Indeks Harga PCE Inti AS pada hari Jumat yang akan memainkan peran kunci dalam memengaruhi harapan pasar tentang langkah kebijakan selanjutnya oleh bank sentral AS, di mana data tersebut akan memengaruhi dolar AS dan memberikan dorongan berarti bagi EURUSD.

Peluang Trading:
Penurunan signifikan dolar AS pasca data pertumbuhan ekonomi AS yang tidak mengesankan, membuka peluang pasangan mata uang utama ini lanjutkan kenaikan, meski kenaikan diperkirakan terbatas mengingat yield obligasi AS yang masih bertahan di 4,60%. Penembusan harga ke atas level 1.0580 membuka peluang EURUSD lanjutkan kenaikan menuju level 1.0590 hingga ke level 1.0610. Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0587 dengan target profit dari level 1.0597 hingga level 1.0605.
Sementara potensi koreksi dari kenaikan saat ini masih dapat terjadi. Penurunan harga di bawah 1.0570, berpotensi membawa EURUSD turun menuju level 1.0550 hingga ke level 1.0540. Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0561 dengan target profit di level 1.0549 hingga 1.0541.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.