Market Outlook EURUSD: Senin, 18 Desember 2023

0
34

Tren EURUSD Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD mencatat kenaikan ringan di atas level 1,0900 karena dolar AS yang rebound moderat.
Data indeks PMI Komposit HCOB Zona Euro yang turun di bawah konsensus melemahkan Euro.
Indeks PMI Komposit Global S&P AS yang tumbuh di laju tercepat lima bulan menopang dolar AS.

Outlook:
EURUSD menguat ringan di bawah level 1.0910 setelah berhasil menembus ke atas level 1.0900, di tengah penurunan ringan dolar AS dan data Zona Euro melemahkan mata uang bersama tersebut.

Indeks aktivitas bisnis zona euro yang secara mengejutkan turun di bulan Desember dan mengindikasikan bahwa ekonomi blok tersebut hampir pasti berada dalam resesi, melemahkan euro.

PMI Manufaktur Zona Euro lebih buruk dari perkiraan, menunjukkan ekonomi zona euro kemungkinan kontraksi di kuartal keempat dan menekan Euro dan menghambat kenaikan EURUSD.

Indeks PMI Komposit AS yang mencatat kenaikan di laju tercepat dalam lima bulan terakhir, menopang dolar AS rebound dari level terendah multi-bulan, dan berpotensi menghambat kenaikan EURUSD.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini hanya akan fokus pada survei IFO Jerman yang diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan ringan di tengah tidak ada data ekonomi utama AS yang akan dirilis hari ini.

Peluang Trading:
Indeks dolar AS melemah sepanjang perdagangan sesi Asia setelah kenaikan signifikan pada hari Jumat kemarin, berlanjutnya penurunan yield obligasi AS dan menjadi pendorong kenaikan EURUSD meski data ekonomi zona euro pada akhir pekan lalu melemahkan mata uang bersama tersebut. Data IFO Jerman yang akan dirilis hari ini dan diperkirakan akan menguat ringan akan menjadi penggerak euro.
EURUSD, secara teknikal, perlahan menunjukkan kenaikan yang cukup stabil pasca penurunan tajam di akhir pekan kemarin. Grafik pada timeframe H1 menunjukkan pembalikan arah EURUSD yang terus bergerak naik mendekati Exponential Moving Average (EMA)50 dan harga spot yang bergerak di atas EMA100 dan 200 yang mengindikasikan pola kenaikan yang cukup stabil. Meski indikator Relative Strength Index (RSI) masih di bawah garis tengah, namun mulai mendekati garis. Penembusan RSI di atas garis tengah dan harga menembus ke atas EMA50 dapat dijadikan petunjuk untuk masuk posisi BUY.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0917, dengan target profit di level 1.0922 hingga level 1.0928.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.0902 jika penurunan EURUSD kembali berlanjut, dengan target profit di level 1.0894 hingga level 1.0887.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.