Market Outlook EURUSD: Senin, 23 Oktober 2023

0
80

Tren: Bearish (Turun)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD melemah meski Ketua dan pejabat Fed isyaratkan akan pertahankan suku bunga.
Kekhawatiran krisis energi zona euro berpotensi menekan Euro dan hambat kenaikan EURUSD.
Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah yang membayangi pasar juga dapat menekan Euro.
Kehati-hatian pasar jelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis menahan kenaikan EURUSD.

Outlook:
EURUSD melemah di awal perdagangan awal pekan ini setelah turun ke bawah level psikologis 1,0600 di akhir pekan lalu. Investor saat ini fokus pada data Zona Euro dan AS menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) hari Kamis yang diperkirakan akan pertahankan suku bunga.

Dalam survei ekonom oleh Reuters, siklus kenaikan suku bunga ECB telah berakhir, namun suku bunga tetap dipertahankan tinggi setidaknya hingga Juli 2024 sebelum mulai melonggarkan kebijakan dalam upaya mengendalikan kenaikan inflasi yang terus berlanjut.

Kekhawatiran akan krisis energi zona euro di tengah meningkatnya konflik Timur Tengah dan sabotase pipa Baltik berpotensi kembali mendorong kenaikan harga energi pada musim dingin ini dan menyebabkan tekanan jual pada Euro dan bertindak sebagai penghalang kenaikan EURUSD.

Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, isyaratkan keinginan untuk menghentikan sementara kenaikan suku bunga dan memantau sejauh mana perkembangan data ekonomi dalam beberapa bulan mendatang.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan memantau data HCOB PMI Jerman dan Zona Euro pada hari Selasa, dengan hanya satu data Kepercayaan Konsumen Zona Eropa yang akan dirilis hari ini dan puncaknya pada hari Kamis, ketika Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengumumkan keputusan kebijakan moneternya.

Peluang Trading:
Latar fundamental sejauh ini tidak menunjukkan sentimen yang positif terhadap Euro. Sementara dolar AS didukung oleh sentimen bahwa suku bunga Fed masih akan dipertahankan pada tingkat saat ini meski Fed kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunganya pada pertemuan FOMC pada November mendatang, yang menopang kenaikan yield obligasi dan dolar AS.
Secara teknikal, EURUSD pekan lalu menguat cukup signifikan. Namun, rebound dolar AS dan yield obligasi AS 10 tahun menggagalkan EURUSD bertahan di atas level psikologis 1.0600. Grafik pada timeframe H1 terlihat terjadi pembalikan harga yang kembali turun menuju lintasan Moving Average dan Relative Strength Index juga saat ini berada di bawah level tengah (50).
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1,0569, jika EURUSD terus melemah dan turun ke bawah level 1,0570 dengan target profit pada level 1,0563 hingga level 1,0559.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 1,0578 jika EURUSD cukup kuat untuk rebound dari penurunan saat ini, dengan target profit pada level 1,0582 hingga level 1,0586.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.