Market Outlook GBPUSD: Rabu, 16 Agustus 2023

0
96

Market Outlook GBPUSD: Rabu, 16 Agustus 2023
Tren: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:

  1. GBPUSD konsolidasi dengan bias penurunan ringan, tertekan oleh penguatan dolar AS.
  2. Data upah Inggri pengaruhi kemungkinan kenaikan suku Bunga BoE dan batasi penurunan GBPUSD.
  3. GBPUSD kemungkinan masih akan konsolidasi di tengah fokus pasar pada rilis risalah FOMC.

Outlook:
GBPUSD konsolidasikan penurunan dari level tertinggi dalam beberapa hari di sesi kemarin, tertahan tepat di bawah level 1.2700 dan hanya bergerak di sekitar wilayah 1.2702-1.2685. Sentimen positif pada dolar AS, yang diperkuat oleh harapan bahwa Federal Reserve (Fed) akan tetap pada sikap hawkish-nya, menjadi penyebab utama tertekannya GBPUSD.

Investor sepertinya yakin bahwa bank sentral AS akan menjaga suku bunga tetap tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama dan perkiraan tersebut ditegaskan oleh data Penjualan Ritel AS yang positif yang dirilis pada hari Selasa, yang menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen tetap kuat pada bulan Juli. Sementara itu, indeks Manufaktur Empire State New York yang turun menjadi -19 di Agustus menguatkan ekspektasi bahwa Fed akan menghentikan siklus kenaikan suku bunga pada pertemuan mendatang di September.

Sementara itu, data pertumbuhan upah Inggris yang kuat, yang menambah kekhawatiran inflasi jangka panjang, berpotensi memaksa Bank of England (BoE) untuk kembali menaikkan suku bunga. Kondisi ini seharusnya berpotensi membatasi penurunan GBPUSD.

Para trader tampak menahan diri untuk masuk ke pasar dan lebih menunggu rilis risalah pertemuan FOMC, yang akan memberikan petunjuk baru kenaikan suku bunga AS selanjutnya. Namun pasar akan lebih dahulu fokuskan perhatian pada data CPI Inggris yang diperkirakan turun menjadi 6,7% dari laporan sebelumnya di 6,5%. Jika data inflasi Inggris lebih tinggi dari perkiraan, maka sterling berpotensi lanjutkan uoaya pemulihannya di pekan ini menuju level 1,2720.

Peluang Trading:
Potensi SELL GBPUSD dapat dipertimbangkan di level 1.2684 yang berpotensi turun menuju level 1.2670 hingga ke level 1.2660.
Sementara Peluang BUY GBPUSD dapat dipertimbangkan di level 1.2707 jika GBPUSD mendapat sentimen positif yang berpotensi naik ke level 1.2720, hingga ke level 1.2730.
Target profit antara $30 hingga $50 per transaksi.

Fokus Pasar Hari Ini:

  • Rilis Data Inflasi Konsumen (CPI) Inggris (Pengaruh Pasar: Tinggi)
  • Rilis Data Perumahan AS (Pengaruh Pasar: Rendah – Menengah)
  • Rilis Risalah Pertemuan FOMC AS (Pengaruh Pasar: Tinggi)

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.