Market Outlook GBPUSD: Senin, 13 November 2023

Tren GBPUSD: Bearish (Turun)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
GBPUSD menguat di tengah konsolidasi dolar AS dan fokus pasar pada rilis data inflasi Inggris dan AS.
Sterling masih ditopang oleh data PDB Inggris yang mencatat pertumbuhan melampaui perkiraan.
Sikap hawkish Ketua Fed Powell pada akhir pekan kemarin terkait kebijakan saat ini topang dolar AS.

Outlook:
GBPUSD konsolidasi pasca kenaikan di akhir pekan kemarin, di sekitar level 1,2230, ditopang oleh data pertumbuhan ekonomi Inggris yang melampaui perkiraan pada hari Jumat, dan konsolidasi dolar AS.

PDB Inggris untuk kuartal ketiga turun menjadi 0,0% berlawanan dengan konsensus pasar yang memperkirakan kontraksi 0,1%. Secara tahunan, PDB konsisten tumbuh 0,6%, meleset dari estimasi 0,5%. Pertumbuhan ekonomi Inggris ini dapat memperbaiki sentimen pasar terhadap Pound Sterling.

Meskipun data PDB menunjukkan Inggris akan terhindar dari resesi di tahun 2023 ini, namun ekonomi Inggris masih di ambang stagfalasi, dengan angka inflasi dan pengangguran Inggris yang masih tinggi.

Ketua Federal Reserve (Fed), Jerome Powell, mengejutkan pasar dengan sikap yang lebih hawkish dalam pidatonya pada hari Kamis, dan menyatakan kekhawatiran bahwa kebijakan saat ini mungkin tidak cukup untuk mengendalikan inflasi menuju target 2,0%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Minimnya data ekonomi utama yang menggerakkan pasar hari ini, membuat pasar fokus pada pidato anggota MPC menjelang rilis data CPI AS pada Selasa dan data tenaga kerja Inggris yang diikuti dengan data CPI Inggris pada hari Rabu.

Peluang Trading:
GBPUSD saat ini tengah berupaya melanjutkan kenaikan di akhir pekan lalu yang ditopang oleh data PDB yang melampaui perkiraan pasar. Para pelaku pasar juga memanfaatkan dolar AS yang cenderung konsolidasi. jalur penurunan mingguan dan tampak rentan untuk turun lebih jauh. Namun, sikap hawkish Powell pada pekan lalu berhasil menopang kenaikan yield obligasi dan dolar AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 GBPUSD dalam tren Bearish, meski pada akhir pekan lalu berhasil rebound, menghentikan penurunan sepanjang pekan lalu. GBPUSD yang mencoba mendekati dan menembus Exponential Moving Average (EMA) menjadi harapan GBPUSD lanjutkan kenaikan pekan lalu. Namun, Relative Strength Index yang tepat di level tengah mengindikasikan GBPUSD masih cukup rentan mengalami penurunan lainnya.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.2215, dengan target profit pada level 1.2207 hingga level 1.2200. Penembus ke bawah level 1.2200 berpotensi bawa GBPUSD turun hingga ke level 1.2190
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 1.2236 dengan target profit pada level 1.2242 hingga level 1.2251.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.