Market Outlook Gold (Emas): Kamis, 14 Desember 2023

0
64

Tren Gold (Emas) H1: Bullish (Naik)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Keputusan the Fed mempertahankan suku bunga melemahkan dolar dan yield obligasi AS.
Pernyataan Powell atas kesediaan the Fed untuk menurunkan suku bunga semakin melemahkan dolar AS.
Data Indeks Harga Produsen (PPI) Inti tahunan AS di bawah ekspektasi sempat melemahkan dolar AS.

Outlook:
Emas kembali naik menuju level 2.050 atas pelemahan dolar dan yield obligasi AS setelah pertemuan FOMC mendorong logam mulia menguat tajam dan saat ini berada di sekitar level 2,030.

Pertemuan the Fed dan pernyataan Jerome Powell yang Dovish, melemahkan indeks dolar AS yang turun tajam dari level 103,95, menutup sesi Rabu di level 102,90 dan saat ini berada di level 102.45.

Keputusan mempertahan suku bunga di 5,50% dengan sikap Dovish Powell utamanya melemahkan pasar Obligasi AS, dengan imbal hasil 10 tahun turun menjadi 3,97%, level terendah sejak Agustus.

Pernyataan bernada dovish Powell atas panduan kebijakan moneter, mengatakan bahwa The Fed siap menurunkan suku bunga bahkan jika ekonomi tidak jatuh ke dalam resesi di 2024 mendatang.

Rilis data PPI utama dan PPI inti AS Biro Statistik Tenaga Kerja AS yang lebih buruk dari ekspektasi pasar, yang dirilis pada hari Rabu, tidak banyak memberikan pergerakan signifikan terhadap dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para trader hari ini akan fokus pada rilis data Klaim Pengangguran mingguan AS yang diperkirakan turun sebesar 219 ribu dan Penjualan Ritel AS yang diperkirakan turun -0,1% di November.

Peluang Trading:
Melemahnya dolar dan yield obligasi AS pasca the Fed mempertahankan suku bunga yang diikuti dengan pernyataan Jerome Powell atas masa depan suku bunga The Fed, membuka peluang BUY Emas untuk jangka menengah. Emas kemungkinan kembali bertahan di atas level 2.020 hingga level 2.040 di sisa minggu ini. Namun tetap waspadai potensi aksi ambil untung pasar atas kenaikan tajam kemarin
Emas secara teknikal kembali berhasil menembus level psikologis dan berpotensi lanjutkan kenaikan. Dibuka di level 2.026, emas menyentuh level atas intraday di level 2.039. Potensi Emas lanjutkan kenaikan menunggu apakah Exponential Moving Average (EMA)50 berhasil mendekati dan menembus EMA100. Penembusan ini akan semakin membuka peluang Emas lanjutkan kenaikan. Ini dikonfirmasi oleh Relative Strength Index yang stabil bertahan di area Oversold.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.037 dengan target profit di level 2.045 hingga 2.049.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.027 dengan target profit di level 2.023 hingga 2.019.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.