Market Outlook Gold (Emas): Selasa, 26 Desember 2023
Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

0
73

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas kemungkinan masih akan melanjutkan kenaikannya karena masih dolar dan yield obligasi AS.
Dolar dan yield obligasi AS masih digerakkan oleh ekspektasi atas penurunan suku bunga the Fed.
Penurunan dolar AS juga disebabkan oleh data Core PCE Price Index AS yang stagnan di November.

Outlook:
Emas masih memanfaatkan melemahnya dolar dan yield obligasi AS imbas lemahnya data ekonomi AS akhir pekan kemarin yang meningkatkan ekspektasi pemangkasan suku bunga the Fed di 2024.

Dolar AS tampaknya akan kesulitan mendapatkan kekuatan untuk pulih setelah data terbaru yang mengindikasikan penurunan inflasi AS dan pasar yang masih menjalani libur hari Natal.

Indeks dolar AS turun dan saat ini berada di sekitar level 101.60, membuat emas lebih menarik bagi para pemegang mata uang lain, sementara yield obligasi 10 tahun AS turun menjadi 3,89%

Data Core Price PCE Index bulanan AS tumbuh pada laju yang lebih lambat sebesar 0,1% dari laporan pembacaan sebelumnya 0,2%. indeks tahunan turun menjadi 3,2% dari angka sebelumnya 3,5%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar Eropa yang masih tutup karena libur natal hanya menyisakan data indeks harga rumah AS untuk bulan November, yang diperkirakan hanya memberikan efek kecil terhadap dolar AS dan emas.

Peluang Trading:
Perdagangan di pasar hari ini kemungkinan akan relatif sepi dan bergerak dalam rentang terbatas karena perdagangan pasar Eropa yang masih tutup karena libur Natal dan suasana libur hari natal. Sehingga perlu petunjuk yang kuat untuk masuk pasar.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan tren emas yang masih stabil mempertahankan kenaikan di minggu ini. Bahkan, emas berhasil naik ke atas level 2.060 di tengah perdagangan yang relatif sepi karena pasar Eropa dan AS masih dalam suasana libur natal. Tapi tetap waspadai potensi koreksi emas dari kenaikan saat ini, meski harga saat ini jauh di atas Exponential Moving Average (EMA) dan Relative Strength Index juga masih mendekati area overbought, mengindikasikan kuatnya tren kenaikan emas, secara teknikal.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.065 dengan target profit di level 2.068 hingga 2.070.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.059 dengan target profit di level 2.056 hingga 2.054.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.