Market Outlook USD/JPY: Senin, 14 Agustus 2023

0
149

Market Outlook USD/JPY: Senin, 14 Agustus 2023
Tren: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:

  1. USD/JPY naik ke level tertinggi sejak November 2022, meskipun tanpa kelanjutan yang kuat.
  2. Perbedaan kebijakan antara the Fed dan BoJ terus memberikan dorongan kenaikan USD/JPY.
  3. Kekhawatiran intervensi BoJ atas penurunan berpotensi menghalangi kenaikan USD/JPY.

Outlook:
USD/JPY memulai pekan baru dengan catatan positif dan mencapai puncak tertinggi sepanjang tahun selama sesi Asia. Namun, pasangan ini terlihat kembali turun dan kini tampaknya stabil di sekitar level psikologis 145.00.

Indeks dolar AS (USD) naik ke puncak baru sejak 7 Juli dan terus mendapatkan dukungan dari atas meningkatnya ekspektasi pengetatan kebijakan lanjutan oleh Federal Reserve (Fed), yang pada gilirannya dianggap sebagai faktor kunci yang mendukung kenaikan USD/JPY.

Inflasi konsumen AS yang masih tetap jauh di atas target 2% bank sentral, bersama dengan kekhawatiran bahwa kenaikan biaya energi akan mendorong kenaikan Indeks Harga Konsumen (CPI), menjaga peluang untuk satu kali kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir tahun ini.

Kenaikan Indeks Harga Produsen (PPI) AS pada bulan Juli menguatkan ekspektasi hawkish Fed dan mendukung kenaikan yield obligasi AS. Sehingga, ini menunjukkan perbedaan yang semakin besar antara sikap yang lebih dovish yang diambil oleh Bank of Japan (BoJ), dan menjadi petunjuk potensi USD/JPY terus menguat.

Perlu diingat BoJ mengambil langkah pada bulan Juli untuk membuat kebijakan Pengendalian Kurva Imbal Hasil (YCC) lebih fleksibel dan membiarkan yield obligasi pemerintah Jepang 10 tahun naik hingga mendekati 1%, namun langkah ini gagal memberikan dukungan untuk menguatkan yen Jepang.

Latar belakang fundamental mengisyaratkan bahwa penurunan korektif dapat menjadi peluang BUY dan lebih cenderung penguatan pasangan ini masih berpotensi berlanjut karena tidak ada rilis data ekonomi yang berdampak signifikan di pasar, baik dari Jepang maupun AS pada hari Senin.

Peluang Trading:
Peluang BUY USD/JPY dapat dipertimbangkan di level 145.06 jika lanjutkan kenaikan jika menembus ke atas level 145.00, yang berpotensi naik menuju level 145.15 hingga ke level 145.25.
Potensi SELL USD/JPY dapat dipertimbangkan untuk koreksi penurunan di level 144.65 yang berpotensi turun menuju level 144.56 hingga ke level 144.45.

Target profit antara $30 hingga $50 per transaksi.

Fokus Pasar Hari Ini:

Desclaimer: On
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.