Market Outlook USDCAD : Jumat, 22 Desember 2023

0
30

Tren USDCAD Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDCAD mengalami tekanan karena dolar AS terus mencatat penurunan signifikan.
Data ekonomi AS yang lemah memperkuat spekulasi sikap dovish Federal Reserve.
Kenaikan harga minyak WTI menopang kenaikan Dolar Kanada dan menekan USDCAD.

Outlook:
USDCAD tertahan di sekitar level 1,3280 setelah turun menembus level 1,3300 karena dolar AS (USD) yang semakin tertekan data ekonomi AS yang lebih lemah yang dirilis pada hari Kamis.

Data ekonomi AS yang lemah yang meningkatkan ekspektasi Federal Reserve (Fed) mengendurkan suku bunga menjadi faktor utama penurunan dolar AS dan USDCAD.

Data Penjualan Ritel Kanada yang beragam, yang dirilis pada hari Kamis memberikan dukungan kecil untuk kenaikan dolar Kanada dan melengkapi faktor yang melemahkan USDCAD

Dolar Kanada didukung oleh data Penjualan Ritel bulanan Kanada bulan Oktober turun menjadi 0,7% dari 0,5% dan Penjualan Ritel inti yang naik menjadi 0,6% dari data 0,1% di September.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) memperpanjang kenaikan untuk dua hari berturut-turut di kisaran $74,40 per barel juga memberikan dukungan kenaikan dolar Kanada.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini akan fokus pada rilis data Produk Domestik Bruto Kanada untuk bulan Oktober, yang diperkirakan meningkat dan data Core Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index, serta Michigan Consumer Sentiment Index AS akan memengaruhi pergerakan dolar Loonie.

Peluang Trading:
Faktor fundamental yang melemahkan dolar AS berperan besar dalam penurunan USDCAD sementara dolar Kanada diuntungkan dengan kenaikan harga minyak WTI. Kombinasi dua faktor ini dapat menjadi indikasi atas kelanjutan penurunan USDCAD yang telah terjadi sejak pekan lalu.
Secara teknikal, Grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDCAD terus mencatat penurunan yang cukup signifikan, meski saat ini pasangan Loonie ini mencoba rebound dari level terendah bulanan dari level 1.3274 yang dicapai di sesi Kamis. Harga spot saat ini juga jauh di bawah Exponential Moving Average (EMA) yang bergerak turun mengikuti harga spot, yang diikuti dengan indikator Relative Strength Index (RSI) yang berada sedikit di atas area Oversold. Penurunan lebih kembali harga di bawah level 1.3280 akan membuka peluang pasangan Loonie ini melanjutkan penurunannya.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.3277 untuk kelanjutan penurunan USDCAD, dengan target profit di level 1.3270 hingga level 1.3265.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.3288, dengan target profit di level 1.3293 hingga level 1.3298, jika USDCAD koreksi atas penurunan saat ini.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.