Market Outlook USDJPY : Rabu, 27 Desember 2023

0
35
USD Yen Dny

Tren USDJPY Timeframe H1: Bullish (Naik)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Ringkasan Opini Bank of Japan (BoJ) yang menunjukkan bahwa bank sentral akan mempertimbangkan perubahan kebijakan, gagal menopang yen Jepang dan mendorong USDJPY lanjutkan kenaikan. Efek data PCE Core Price Index AS yang tumbuh ringan masih berpotensi menahan kenaikan dolar AS.

Outlook:
Rilis Ringkasan Opini Bank of Japan (BoJ) semakin mendorong USDJPY naik ke level 142,84 yang saat ini diperdagangkan di sekitar level 142,60 di tengah kondisi pasar yang kemungkinan masih akan sepi.

Rabu pagi, BoJ merilis Ringkasan Opini dari pertemuan Kebijakan Moneter bulan Desember yang menyatakan ketidakpastian kapan BoJ akan menarik YCC dan menaikkan suku bunga jangka pendek.

Sebelumnya, Gubernur BoJ Kazuo Ueda mengatakan kemungkinan bank sentral mempertimbangkan penyesuaian kebijakan jika prospek untuk mencapai target inflasi 2% berkelanjutan dan memadai.

Angka inflasi AS yang melambat minggu lalu memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve (Fed) akan memangkas suku bunga tahun depan, membuat dolar AS tertekan dan melemahkan pasangan USDJPY.

PCE Core Price Index tahunan AS naik 3,2% di November, di bawah perkiraan sebesar 3,3%, sementara indeks inti bulanan mencapai 0,1% pada periode yang sama, dan di bawah ekspektasi 0,2%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Hari ini pasar akan fokus pada rilis data Indeks Manufaktur Richmond Fed AS untuk bulan Desember meski mungkin tidak akan berdampak signifikan pada pasar.

Peluang Trading:
Sentimen risiko dan penyesuaian kebijakan bank sentral yang sedang berlangsung diperkirakan akan terus mempengaruhi pergerakan mata uang di tengah tipisnya perdagangan di musim liburan.
USDJPY, secara teknikal menunjukkan kenaikan yang cukup stabil, melanjutkan kenaikan yang dicapai pada akhir pekan kemarin. Grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY lanjutkan tren kenaikannya yang rebound dari level bawah pekan lalu di level 141.18. Harga spot yang saat ini berhasil menembus ke atas lintasan Exponential Moving Average (EMA) 50 dan cukup dekat dengan EMA100, menunjukkan pergerakan kenaikan yang cukup stabil. Tren ini juga didukung oleh Indikator Relative Strength Index yang bertahan di atas garis tengah.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 142.70, Jika USDJPY berhasil lanjutkan kenaikan dengan target profit pada level 142.82 hingga level 142.90.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 142.54 jika USDJPY koreksi dari kenaikan saat ini dengan target profit pada level 142.45 hingga level 142.37.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.