Market Outlook USDJPY: Selasa, 14 November 2023

0
67
USD Yen Dny

Tren USDJPY: Bullish (Naik)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY konsolidasi pasca kenaikan beruntun enam hari, karena pasar pada data CPI AS.
Penurunan peringkat AS oleh Moody’s melemahkan dolar AS meski ada bantahan oleh Yellen.
Spekulasi pemerintah Jepang atas intervensi di pasar forex mendukung penguatan Yen.

Outlook:
USDJPY konsolidasi setelah rebound dari penurunan hampir 70 pip di akhir hari Senin di tengah spekulasi tentang potensi intervensi di pasar valas oleh otoritas Jepang. USDJPY saat ini bergerak dalam rentang terbatas dan cenderung melemah pada hari ini.

Pada hari Selasa, Menteri Keuangan AS Janet Yellen menanggapi keputusan Moody’s yang menurunkan peringkat AS ke prospek negatif sambil menambahkan bahwa ia yakin dengan ekonomi AS dan obligasi AS sebagai aset safe haven.

Sementara itu , Menteri Keuangan Jepang Sunichi Suzuki memberikan intervensi verbal pada hari Senin dengan mengatakan pentingnya stabilitas pergerakan yen dan akan terus mengambil semua langkah yang memungkinkan pada pergerakan nilai tukar yen.

Fokus Pasar Hari Ini:
Karena para pejabat Fed mengatakan bahwa pengetatan tambahan akan tergantung pada data, para investor akan mengambil isyarat dari rilis data inflasi AS hari ini, dengan Indeks Harga Konsumen (CPI) utama bulanan AS diperkirakan akan tumbuh 0,1% di Oktober dan CPI inti diperkirakan tetap di 0,3. Perhatian akan beralih ke Produk Domestik Bruto (PDB) awal Jepang untuk kuartal ketiga (Q3) pada hari Rabu.

Peluang Trading:
Data inflasi yang kuat dapat mendorong Fed menaikkan suku bunga pada pertemuan di Desember atau Januari, yang berpotensi menguatkan dolar AS dan mendorong USDJPY lanjutkan kenaikan, meski kenaikan lebih lanjut mendapat tantangan atas spekulasi intervensi atas nilai tukar yen.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY masih dalam tren Bullish, meski kemarin sempat menembus level Support terdekatnya di 151.30 dan berhasil rebound, melanjutkan tren kenaikannya dalam enam hari berturut-turut. Meski saat ini indikator Relative Strength Index berada tepat di garis tengah (50) namun harga terlihat masih di atas Exponential Moving Average (EMA) yang menjadi harapan dan indikasi tren kenaikan USDJPY masih berlanjut.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 151.73 dengan target profit pada level 151.81 hingga level 151.87. Penembus ke atas level 151.90 berpotensi membawa USDJPY lanjutkan kenaikan menuju level 152.00, level tertinggi yang terakhir disentuh pada pertengahan Agustus 1987.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 151.58, dengan target profit pada level 151.53 hingga level 151.46.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.