Market Outlook USDJPY: Senin, 25 September 2023

0
93

Market Outlook USDJPY: Senin, 25 September 2023
Tren: Bullish (Naik)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY awal pekan ini dengan sentimen positif, sentuh level tertinggi tahunan meski kenaikan terbatas.
Kekhawatiran intervensi dan melemahnya sentimen risiko, dukung kenaikan yen, batasi kenaikan USDJPY.
Divergensi kebijakan antara The Fed dan BoJ masih mendukung penguatan dolar AS dan kenaikan USDJPY.

Outlook:
USDJPY sentuh level tertinggi baru sejak November 2022 di awal pekan ini, meski masih kesulitan untuk melanjutkan kenaikan menuju level 148.50. Spekulasi bahwa intervensi pemerintah Jepang di pasar valuta asing untuk menopang yen dari penurunan dan menopang mata uang Jepang itu menguat.

Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki, memperingatkan terkait pelemahan Yen saat ini dan mengatakan bahwa pemerintah akan membuka kemungkinan apa pun dalam mengatasi volatilitas di pasar valuta asing. Hal ini menahan pasar untuk masuk posisi baru dan menghambat kenaikan USDJPY.

Perbedaan kebijakan antara Federal Reserve (Fed) dan Bank of Japan (BoJ) menopang dolar AS, setelah the Fed mempertahankan suku bunganya pada pertemuan kebijakan bulan September dan indikasikan kenaikan suku bunga lainnya hingga inflasi mencapai target 2%.

Faktor ini mendorong yield obligasi dua tahun AS ke level tertinggi sejak Juli 2006, sementara obligasi 10 tahun bertahan di dekat puncak 16 tahun yang dicapai Jumat lalu, yang mendorong dolar AS terus menguat di bawah puncak di lebih dari enam bulan dan menopang kenaikan USDJPY.

Yen Jepang tertekan oleh kebijakan suku bunga BoJ Jumat lalu, tanpa petunjuk atas kemungkinan perubahan sikap oleh bank sentral. Gubernur BoJ, Kazuo Ueda, mencatat bahwa tidak ada perubahan dalam cara pengambilan keputusan kebijakan dan bank sentral masih belum melihat inflasi mencapai target 2% dengan stabil.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak adanya rilis data ekonomi yang relevan yang dapat mempengaruhi pasar untuk pasangan USDJPY pada hari ini, membuat pasar memantau pasar obligasi AS.

Peluang Trading:
Latar belakang fundamental masih mendukung kenaikan USDJPY. Setiap penurunan ringan pada pasangan mata uang ini dapat menjadi peluang BUY, meski kemungkinan kenaikannya terbatas dengan tidak adanya rilis data ekonomi yang relevan yang dapat mempengaruhi pasar pada hari Senin ini.
Kenaikan harga yang berlanjut akan membawa USDJPY lanjutkan kenaikan menuju level puncak tahun ini di level 148.44 hingga ke level 148.50. Peluang BUY USDJPY dapat dipertimbangkan pada level 148.38 dengan target profit di level 148.43 hingga 148.50.
Tetap waspadai koreksi dari kenaikan saat ini yang dapat membawa USDJPY kembali turun menuju level 148.20 hingga ke level 148.10. Peluang SELL USDJPY* dapat dipertimbangkan di level 148.26 dengan target profit di level 148.18 hingga 148.12.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.