Menurut OPEC, Pertumbuhan Permintaan Minyak Dunia Diperkirakan Lebih Rendah

JAVAFX – OPEC memperkirakan permintaan minyak global tahun ini akan tumbuh sebesar 5,8 juta barel per hari (bph) dari level terendah 2020, turun dari perkiraan bulan lalu sebesar 5,96 juta barel per hari pertumbuhan tahunan.

Dalam Laporan Pasar Minyak Bulanan yang dirilis pada hari Rabu (13/10/2021), OPEC mempertahankan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak 2022 tidak berubah pada angka 4,2 juta barel per hari menjadi rata-rata total permintaan global 100,8 juta barel per hari tahun depan.

Bulan lalu, OPEC telah menaikkan perkiraan permintaan minyak 2022 sebesar 900.000 barel per hari, mengharapkan lonjakan varian Delta untuk menunda sebagian pemulihan permintaan minyak ke tahun depan dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pemulihan konsumsi bahan bakar yang lebih kuat.

Dalam laporan bulan ini, OPEC merevisi turun estimasi 2021 karena data aktual yang lebih rendah dari perkiraan untuk tiga kuartal pertama tahun ini dan “terlepas dari asumsi permintaan minyak yang sehat memasuki kuartal terakhir tahun ini.”

Permintaan minyak global pada kuartal keempat akan didorong oleh peningkatan musiman dalam permintaan bahan bakar petrokimia dan pemanas, serta potensi peralihan dari gas alam ke produk minyak bumi karena harga gas yang tinggi, kata kartel.

Dalam beberapa minggu terakhir, ada minat yang meningkat untuk beralih dari gas ke minyak, dan “Jika tren ini terus berlanjut, bahan bakar seperti bahan bakar minyak, solar, dan nafta dapat memperoleh dukungan, didorong oleh permintaan yang lebih tinggi dari pembangkit listrik, pengilangan dan penggunaan petrokimia, ” kata OPEC.

Jika Q4 lebih dingin dari rata-rata, pasar minyak pemanas dapat didukung, terutama pada Desember 2021, tetapi dorongan permintaan ini dapat diimbangi dengan konsumsi bensin yang lebih rendah, kata OPEC.

“Ke depan, terlepas dari ekspektasi kenaikan musiman dalam permintaan minyak pemanas, serta potensi peralihan dari gas alam ke bahan bakar cair, pasar produk diperkirakan akan melihat beberapa kelemahan selama musim dingin mendatang karena throughput kilang yang lebih tinggi yang mengarah ke pasokan,” kata OPEC.

Namun, sedikit penurunan peringkat ke permintaan minyak global 2021 tidak menghasilkan penurunan peringkat untuk permintaan 2022, yang masih dilihat OPEC sebagai “didukung oleh momentum ekonomi yang sehat di negara-negara konsumen utama dan manajemen pandemi COVID-19 yang lebih baik.”

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.