Minyak melambung di awal sesi Asia, dipicu penutupan pipa Keystone

Harga minyak melambung di awal perdagangan Asia pada Jumat pagi, karena penutupan pipa minyak utama Kanada-ke-AS mengganggu pasokan, tetapi harga tetap mendekati level terendah Desember 2021 di tengah kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan permintaan global.

Harga minyak mentah berjangka Brent menguat 59 sen atau 0,8 persen, menjadi diperdagangkan di 76,74 dolar AS per barel pada pukul 01.15 GMT setelah turun 1,3 persen pada Kamis (8/12/2022).

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 68 sen atau 1,0 persen, menjadi diperdagangkan di 72,14 dolar AS per barel setelah menetap 0,8 persen lebih rendah di sesi sebelumnya.

Berita tentang kecelakaan penutupan pipa Keystone TC Energy, Kanada di Amerika Serikat mendorong reli singkat pada Kamis (8/12/2022), tetapi harga akhirnya mereda karena pasar berpandangan bahwa penutupan akan singkat.

Lebih dari 14.000 barel minyak mentah tumpah ke sungai di Kansas, menjadikannya salah satu tumpahan minyak mentah terbesar di Amerika Serikat dalam hampir satu dekade.

Berita itu tampaknya “hanya negatif jangka pendek untuk pasokan tetapi tidak mengubah apa pun dengan prospek permintaan minyak mentah yang memburuk”, kata Analis OANDA, Edward Moya dalam sebuah catatan.

Harga WTI mendekati level 70 dolar AS, di mana pemerintahan Biden diharapkan mulai mempertimbangkan untuk mengisi ulang cadangan minyak strategis, tambahnya.

Penutupan pipa yang disebabkan tumpahan sebelumnya biasanya diperbaiki dalam waktu sekitar dua minggu, kata Analis RBC Capital, Robert Kwan, meskipun penutupan terbaru mungkin terbukti lebih lama karena melibatkan tumpahan ke sungai.

Harga minyak bersiap untuk membukukan penurunan mingguan terbesar dalam beberapa bulan, karena para pedagang memperkirakan akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum manfaat dari China yang melonggarkan kontrol COVID memenuhi permintaan.

Lonjakan infeksi kemungkinan akan menekan pertumbuhan ekonomi China dalam beberapa bulan ke depan, membawa rebound hanya pada tahun 2023, kata para ekonom.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.