Minyak Mentah Dilemahkan Fokus Pasar Atas Pembicaraan Iran

Minyak mentah melemah setelah sentuh level puncak dua tahun, tertekan oleh prospek ekspor Iran yang lebih tinggi meskipun pemulihan permintaan dan pembatasan pasokan OPEC+ memberikan dukungan mendasar.

Permintaan akan minyak di AS dan Eropa kembali rebound imbas dilonggarkannya pembatasan COVID-19. Dalam langkah lain yang penuh harapan untuk permintaan, India juga melonggarkan pengunciannya serta OPEC dan sekutunya tetap berpegang pada pembatasan pasokan yang disepakati hingga Juli.

Minyak mentah Brent turun 35 sen, atau 0,5%, menjadi $71,54 per barel, setelah sempat mencapai harga $72,27, level tertinggi sejak Mei 2019. West Texas Intermediate AS menyentuh $70 untuk pertama kalinya sejak Oktober 2018 tetapi berbalik arah dan diperdagangkan pada level $69,22, turun 40 sen atau 0,6%.

Dalam dua pekan terakhir, minyak mentah telah meningkat selama dua minggu terakhir, dan Brent naik lebih dari 37% tahun ini, dibantu oleh pembatasan pasokan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya serta pemulihan permintaan sebagian dari keruntuhan yang disebabkan oleh pandemi.

Investor mungkin telah menjual beberapa kontrak ketika WTI mencapai harga $70. Sementara itu, penurunan impor minyak mentah China juga membebani sentimen terhadap minyak mentah.

Iran dan kekuatan global akan memasuki pembicaraan putaran kelima pada 10 Juni di Wina yang dapat mencakup Washington mencabut sanksi ekonomi terhadap ekspor minyak Iran.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Dapatkah Biden Bangun Kemitraan Dunia yang Lebih Baik dan Menantang China?

Pengumuman pada akhir pekan lalu bahwa G-7 akan mendukung proposal yang dipimpin Amerika untuk menciptakan alternatif lain terhadap “Belt and Road Initiative” yang digagas...

Gedung Putih akan Cermati Rencana Rapat Umum Trump

Gedung Putih mengatakan sedang memperhatikan dengan seksama rencana rapat umum yang akan digelar oleh mantan presiden Donald Trump di Ohio dan negara bagian-negara bagian...

Biden teken UU tentang libur 19 Juni, atasi ketakadilan historis AS

Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris menandatangani undang-undang pada Kamis (17/6) untuk menjadikan 19 Juni sebagai hari libur federal untuk memperingati...

Biden Umumkan Pemerintahannya Telah Berikan 300 Juta Suntikan Vaksinasi

Presiden Joe Biden Jumat mengumumkan bahwa 300 juta vaksin COVID 19 telah diberikan sejak dia menjabat pada 20 Januari, demikian menurut Gedung

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502