Minyak Mentah Rebound Pasca Aksi Jual, Permintaan Diharapkan Pulih

Minyak mentah rebound di sesi Rabu, didorong oleh meningkatnya ekspetasi akan permintaan minyak atas perkembangan peluncuran vaksin di AS.

Namun, kenaikan terhambat ketidakpastian seberapa banyak minyak yang akan OPEC+ kembali suplai ke pasar pada pertemuan Kamis. Dan peningkatan besar dalam stok minyak mentah AS juga membatasi kenaikan.

Minyak West Texas Intermediate berjangka AS naik 18 sen, atau 0,3% menjadi $59,93 per barel, pulih dari penurunan tiga hari. Sementara minyak Brent berjangka naik 29 sen, atau 0,46% menjadi $62,99 per barel, naik dari penurunan selama empat hari.

Kedua kontrak berjangka tersebut mengalami penurunan dalam perdagangan pagi di Asia. Harapan pemulihan permintaan berkat peluncuran vaksin membuat harga minyak masih terdukung, ungkap para analis.

AS akan memiliki vaksin COVID-19 yang cukup untuk setiap orang dewasa warga Amerika pada akhir Mei, Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Selasa setelah Merck & Co setuju untuk membuat inokulasi Johnson & Johnson saingannya.

Sementara itu, perhatian pasar tertuju pada pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama aliansinya disebut OPEC+ pada Kamis mendatang. Namun, mereka lebih positif pada prospek pasar minyak dibandingkan tahun lalu ketika melakukan pemangkasan guna mendongkrak harga.

Pasar secara luas mengharapkan OPEC dan aliansinya meredam pemangkasan produksi, sekitar 1,5 juta barel per hari (BPH) yang merupakan yang terbesar, dengan pemimpin OPEC, Arab Saudi, mengakhiri pemotongan produksi sukarela sebesar 1 juta barel per hari.

Memperkuat kekhawatiran tentang potensi kelebihan pasokan, kelompok industri American Petroleum Institute melaporkan lonjakan stok minyak mentah AS. Stok minyak mentah AS naik 7,4 juta barel hingga 26 Februari, sangat kontras dengan perkiraan analis yakni penurunan 928.000 barel.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

PPI Swiss Naik, USDCHF Di Prediksi Turun

Swiss telah merilis data inflasi di tingkat produsen pada pukul 13.30 wib tadi. Dengan data PPI naik dari 0.0% menjadi 0.6%, dan angka ini...

Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Paling Lambat 11 September

Presiden AS Joe Biden telah memutuskan akan menarik pasukan Amerika dari Afghanistan paling lambat 11 September 2021, 20 tahun setelah serangan al-Qaida memicu perang...

Sterling Masih Berpeluang Rebound Terhadap Euro dan Dolar

Pound Inggris tengah berupaya menemukan kembali jalur apresiasi yang diikutinya dalam tiga bulan pertama tahun 2021, dengan konsolidasi beberapa hari terakhir ini berpotensi memberikan peluang rebound.

Konstruksi Rumah Baru AS, Izin Bangunan Merosot Di Februari

Konstruksi rumah baru di AS menunjukkan penurunan substansial di bulan Februari, laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada hari Rabu menunjukkan. Laporan ini memperpanjang penurunan tajam yang terjadai di bulan sebelumnya.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502