Omicron, Bisa Menjadi Ancaman Baru Bagi Perekonomian Global

Varian coronavirus Omicron menyebar ke seluruh dunia pada hari Minggu (28/11/2021), dimana kasus baru ditemukan di Belanda, Denmark dan Australia bahkan ketika lebih banyak negara memberlakukan pembatasan perjalanan untuk mencoba menutup diri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan belum jelas apakah Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, lebih menular daripada varian lain, atau jika itu menyebabkan penyakit yang lebih parah.

“Data awal menunjukkan bahwa ada peningkatan tingkat rawat inap di Afrika Selatan, tetapi ini mungkin karena meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi, bukan akibat infeksi spesifik,” kata WHO. Dikatakan memahami tingkat keparahan Omicron “akan memakan waktu berhari-hari hingga beberapa minggu”.

Deteksi Omicron memicu alarm global ketika pemerintah di seluruh dunia bergegas untuk memberlakukan pembatasan perjalanan baru dan penjualan pasar keuangan, khawatir varian tersebut dapat menolak vaksinasi dan membatalkan pembukaan kembali ekonomi yang baru lahir setelah pandemi global dua tahun.

Dalam pernyataannya, WHO mengatakan sedang bekerja dengan para ahli teknis untuk memahami potensi dampak varian pada tindakan pencegahan yang ada terhadap COVID-19, termasuk vaksin.

Inggris mengatakan akan mengadakan pertemuan mendesak para menteri kesehatan G7 pada hari Senin untuk membahas perkembangannya.

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan 13 kasus varian ditemukan di antara orang-orang dalam dua penerbangan yang tiba di Amsterdam dari Afrika Selatan pada hari Jumat. Pihak berwenang telah menguji semua lebih dari 600 penumpang dalam penerbangan dan menemukan 61 kasus virus corona, kemudian mengujinya untuk Omicron.”Ini mungkin puncak gunung es,” kata Menteri Kesehatan Hugo de Jonge Belanda.

Omicron, pekan lalu dijuluki sebagai “varian perhatian” oleh WHO yang berpotensi lebih menular daripada varian sebelumnya, kini telah terdeteksi di Australia, Belgia, Botswana, Inggris, Denmark, Jerman, Hong Kong, Israel, Italia, Belanda, Prancis, Kanada, dan Afrika Selatan.

Banyak negara telah memberlakukan larangan atau pembatasan perjalanan di Afrika Selatan untuk mencoba membendung penyebarannya. Pasar keuangan menukik pada hari Jumat, dan harga minyak jatuh.

Seorang dokter Afrika Selatan yang merupakan salah satu yang pertama mencurigai jenis virus corona yang berbeda mengatakan pada hari Minggu bahwa gejala Omicron sejauh ini ringan dan dapat dirawat di rumah. Dr Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, mengatakan kepada Reuters bahwa tidak seperti Delta, sejauh ini pasien belum melaporkan kehilangan penciuman atau rasa dan tidak ada penurunan besar dalam kadar oksigen dengan varian baru.

Pejabat tinggi penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci, mengatakan kepada Presiden Joe Biden pada hari Minggu bahwa setidaknya akan memakan waktu sekitar dua minggu untuk memiliki informasi yang lebih pasti tentang penularan dan karakteristik lain dari Omicron, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Fauci percaya vaksin yang ada “cenderung memberikan tingkat perlindungan terhadap kasus COVID yang parah”.

Biden akan memberikan pembaruan pada varian baru dan tanggapan AS pada hari Senin, kata Gedung Putih.

Di Inggris, pemerintah telah mengumumkan langkah-langkah termasuk aturan pengujian yang lebih ketat untuk orang-orang yang tiba di negara itu dan mewajibkan pemakaian masker di beberapa tempat.

Lebih banyak negara mengumumkan pembatasan perjalanan baru di negara-negara Afrika selatan pada hari Minggu, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Afrika Selatan mengecam tindakan tersebut sebagai tindakan yang tidak adil dan berpotensi membahayakan ekonominya, dengan mengatakan pihaknya sedang dihukum karena kemampuan ilmiahnya untuk mengidentifikasi varian virus corona sejak dini.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan pada hari Minggu bahwa pemerintahnya sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan suntikan COVID-19 wajib bagi orang-orang di tempat dan kegiatan tertentu, dan dia mengecam negara-negara Barat yang kaya atas apa yang disebutnya pengenaan spontan larangan bepergian.

“Larangan bepergian tidak diinformasikan oleh sains, juga tidak akan efektif dalam mencegah penyebaran varian ini,” kata Ramaphosa. “Satu-satunya hal yang akan dilakukan adalah semakin merusak ekonomi negara-negara yang terkena dampak dan melemahkan kemampuan mereka untuk menanggapi pandemi.”

Omicron telah muncul ketika banyak negara di Eropa sudah berjuang melawan lonjakan infeksi COVID-19, dengan beberapa memberlakukan kembali pembatasan aktivitas sosial untuk mencoba menghentikan penyebaran.

Varian baru ini juga menyoroti perbedaan besar dalam tingkat vaksinasi di seluruh dunia. Bahkan ketika banyak negara maju memberikan booster dosis ketiga, kurang dari 7% orang di negara miskin telah menerima suntikan COVID-19 pertama mereka, menurut kelompok medis dan hak asasi manusia.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.