Partisipan Pemilu Naik, Pro Demokrasi Menang, Hang Seng Menguat

Masyarakat Hong Kong menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum distrik yang dipandang sebagai barometer opini publik di hari Minggu (24/11/2019). Dari perhitungan Senin (25/11/2019) pagi, kandidat yang pro demokrasi dikabarkan memenangkan Pemilu dengan mayoritas suara dengan meraih 333 dari total 425 kursi yang diperebutkan. Sedangkan pro China hanya memenangkan 52 kursi. Pemilu berlangsung aman dan tanpa hambatan. Partisipan peserta Pemilu meningkat hampir dua kali lipat dari pemilu sebelumnya yaitu sekitar 3 juta orang.

Dewan distrik akan mengendalikan sejumlah pengeluaran dan memutuskan masalah publik seperti transportasi dan memangkas pengaruh China di wilayah itu. Sejak Hong Kong lepas dari koloni Inggris dan menjadi bagian China sejak 1997, Hong Kong tidak memiliki kebebasan mutlak untuk memilih pemimpinnya karena setiap calon pemimpin Hong kong yang di pilih oleh rakyat melalui Pemilu adalah para calon pemimpin yang telah di pilih dan di tetapkan oleh pemerintah Cina. Dengan kemenangan Pro Demokrasi dalam Pemilu ini dengan memenangkan kursi mayoritas di parlemen ini, maka di harapkan perjuangan mereka untuk demokratisasi di Hong Kong sehingga dapat memilih pemimpin Hong Kong tanpa adanya intervensi Cina dapat segera terwujud.

Akibat kemenangan pro demokrai ini, Bursa Asia menghijau yaitu Hang Seng melonjak naik 1.55%, Nikkei menguat 0.91%, dan Kospi menguat 1.15%, Strait Times naik 0.4%, dan indeks Shanghai naik 0.29%. USDJPY juga terlihat gap up dari level 108.63 ke level 108.74 dan di prediksi USDJPY dapat terus menguat menuju resisten dua di level 108.87.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Politikus Konservatif AS Klaim Kebijakan Iklim Biden akan Pangkas Konsumsi Daging

Beberapa anggota parlemen kubu Republik dan politikus konservatif di AS terus mengumbar klaim bohong bahwa kebijakan iklim Presiden Joe Biden akan memangkas jumlah konsumsi...

Erdogan: Biden Berlumur Darah karena Dukung Israel

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan hari Senin (17/5) mengatakan, tangan Presiden AS Joe Biden "berlumur darah" karena mendukung Israel dalam konflik di Jalur Gaza. Komentar...

Saat Pasar Fokus Pada Inflasi, Dolar AS Tertahan Retorika Fed

Dolar AS tidak dapat berbuat banyak, dan harus ikhas tertahan tidak jauh dari level terendah tahun ini atas masih setianya para pelaku pasar terhadap Federal Reserve yang akan tetap teguh pada pengaturan kebijakan yang kendur menjelang data inflasi tahunan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan tajam.

Presiden Korea Selatan Dijadwalkan Bertemu Biden di Gedung Putih

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 21 Mei mendatang akan menjadi pemimpin dunia kedua yang bertemu langsung dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih,...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502